Pembelajaran Kitab Matan Kailani Bagi Santri Di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo.

Lestari, Ayu (2019) Pembelajaran Kitab Matan Kailani Bagi Santri Di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayu Lestari_084 141 512.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan sebuah institusi yang bergelut di bidang pendidikan agama yang memiliki kekhasan dalam kegiatan pembelajarannya. Maka, kekhasan tersebut menjadi pembeda antara pondok pesantren dengan lembaga pendidikan formal lainnya, dan juga orientasi pendidikan di pondok pesantren lebih diperioritaskan pada urusan agama dan akhirat, sehingga pembelajarannya terasa sakral dan khidmat. Di dunia pesantren ilmu-ilmu agama diajarkan oleh ustadz, kyai menggunakan berbagai metode, salah satunya pembelajaran kitab kuning yang dikemas dengan metode klasik yaitu metode sorogan, wetonan dan hafalan. Sebagaimana di pondok pesantren Sumber Bunga, merupakan salah satu pondok yang menyediakan wadah khusus bagi santri untuk mempelajari kitab salaf yaitu Lembaga kajian kitab salaf, terdapat beberapa kitab yang diajarkan salah satunya adalah kitab Matan Kailani yaitu kitab yang mempelajari ilmu shorof. Fokus penelitian ini adalah: 1) Apakah tujuan pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018? 2) Apa materi pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018? 3) Bagaimana metode dan media pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018. 2) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018. 3) Untuk mendeskripsikan metode dan media pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018. 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Kitab Matan Kailani di Lembaga Kajian Kitab Salaf Pondok Pesantren Sumber Bunga Putri Situbondo Tahun 2018. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data meggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tujuan pembelajaran kitab Matan kailani adalah untuk meningkatkan kemampuan santri dalam hal membaca dan menterjemahkan kitab-kitab salaf. 2) Materi dalam pembelajaran kitab Matan kailani terdapat 13 bab yang berisi: definisi tasrif, pembagian fi’il, tasrifan semua fi’il mudhari’, shighat fi’il amar, hukum dua ta’ pada awal kalimat, nun taukid khafifah dan tsaqilah, bentuk isim fa’il, lafadz yang mudla’af, pembagian idgham, fi’il-fi’il yang mu’tal, lafadz yang berhamzah, bentuk isim makan dan zaman, isim alat. 3) metode pembelajaran menggunakan metode wetonan, dimana ustadz yang membaca, menterjemahkan dan menjelaskan isi kitab sedangkan santri mendengarkan dan menuliskan terjemahan, Sorogan, dimana santri satu persatu ditunjuk untuk membaca dan menterjemahkan sendiri kitabnya sedangkan ustadz yang menyimak dan mengomentari jika bacaan yang dibaca santri terdapat kekeliruan, tanya jawab dan hafalan. Adapun media yang digunakan adalah media cetak berupa kitab kuning dan papan tulis. 4) evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran kitab Matan kailani menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, dan evaluasi sumatif, dilakukan di ahir pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian santri selama belajar di Lembaga kajian kitab salaf agar dapat naik ketingkat selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:17
Last Modified: 10 Apr 2023 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22097

Actions (login required)

View Item View Item