Pola Pembinaan Lembaga Pemasyarakatan dalam meningkatkan Kesadaran Beragama Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember

Ghofuroh, Dani Izzan (2019) Pola Pembinaan Lembaga Pemasyarakatan dalam meningkatkan Kesadaran Beragama Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dani Izzan Ghofuroh_T20151066.pdf

Download (5MB)

Abstract

Narapidana adalah terpidana yang menjalani pidana karena hilang kemerdekaan di Lembaga Pemasyarakatan atau orang-orang sedang menjalani sanksi kurungan menurut perundang-undangan. Meskipun Narapidana kehilangan kemerdekaan, mereka tetap memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan tersebut selanjutnya berguna untuk menyadarkan mereka terhadap kewajiban-kewajibannya terhadap bangsa dan agama. Dalam menyadarkan Narapidana dalam Agama, Lembaga Pemasyarakatan memiliki pola-pola pembinaan tertentu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Pola Pembinaan LAPAS dalam meningkatkan kesadaran beragama Narapidana aspek menjalankan perintah Allah di LAPAS Klas II A Jember? 2) Bagaimana pola Pembinaan LAPAS dalam meningkatkan kesadaran beragama Narapidana aspek menjauhi larangan Allah di LAPAS Klas II A Jember? 3) Apa faktor yang mempengaruhi kesadaran beragama Narapidana di LAPAS Klas II A Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan Pola Pembinaan LAPAS dalam meningkatkan kesadaran beragama Narapidana dalam aspek menjalankan perintah Allah pada narapidana di LAPAS Klas II A Jember.. 2) mendeskripsikan Pola Pembinaan LAPAS dalam meningkatkan kesadaran beragama Narapidana dalam aspek menjauhi larangan Allah pada narapidana di LAPAS Klas II A Jember. 3) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kesadaran beragama Narapidana di LAPAS Klas II A Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) untuk meningkatkan kesadaran beragama Narapidana aspek menjalankan perintah Allah di LAPAS Klas II A Jember adalah dengan kegiatan kajian Tauhid, kajian Fikih, kajian Akhlak dan ditambah dengan program pendukung berupa Remisi CB dan PB. 2) untuk meningkatkan kesadaran beragama Narapidana aspek menjauhi larangan Allah di LAPAS Klas II A Jember adalah dengan kegiatan Dzikrul Ghofilin, kajian Tauhid, kajian Fikih, kajian Akhlak dan dengan program pendukung perupa sanksi sel isolasi. 3) Faktor yang mempengaruhi kesadaran beragama Narapidana di LAPAS Klas II A Jember adalah faktor internal dari Narapidana sendiri dan faktor eksternal dari Lingkungan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan. Pola pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan ini berjalan dengan lancar, sesuai dengan target dan tujuan diadakannya programprogram tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:24
Last Modified: 10 Apr 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item View Item