Skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan Motivasi belajar santri (Studi kasus di PP. Al-Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember)

Fauri, fauzan Al (2018) Skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan Motivasi belajar santri (Studi kasus di PP. Al-Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fauzan Al Fauri_084 143 022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skill adalah kemampuan untuk mengoperasikan suatu pekerjaan secara mudah dan cermat. Kyai adalah sebutan untuk tokoh ulama atau tokoh yang memimpin pondok pesantren. Manajer adalah orang yang menjadi pimpinan atau orang yang mengatur jadwal dan membuat rencana. Jadi Skill kyai sebagai manajer adalah keterampilan seorang kyai dalam menjalankan pekerjaannya sebagai manajer di lembaga pondok pesantren. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Kyai sebagai manajer ada 3 keterampilan, 1) keterampilan teknik, 2) keterampilan manusiawi 3), keterampilan konsep. Motivasi adalah semua kondisi yang memberi dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan. Belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Santri adalah orang yang mendalami islam. Jadi Motivasi belajar santri adalah sesuatu keadaan yang terdapat pada diri santri dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan pendidikan pesantren. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana technical skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al- Bidayah?, 2) Bagaimana human skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah?, 3) bagaimana conceptual skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah.? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan technical skill jelKyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al- Bidayah, 2) Menjelaskan human skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah, 3) Menjelaskan conceptual skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa technical skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP. Al-Bidayah adalah: 1) Teknik Supervisi, 2) Teknik Evaluasi. Sedangkan human skill Kyai sebagai manajer dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah adalah: 1) memberikan kesempatan kepada santri untuk menyampaikan pendapat atau keluhan mengenai kebijakan-kebijakan yang ada, 2) tangkas dalam menyelesaikan masalah, 3) pemberian motivasi dengan ceramah, 4) memahami kecenderungan perilaku Santri, dan untuk conceptual skill kyai dalam meningkatkan motivasi belajar santri di PP Al-Bidayah adalah: 1) Man sistematisasi materi pembelajaran dengan menulis buku ajar sendiri, 2) pengelolaan keuangan yang transparan, 3) merekrut ustad-ustad berdasarkan kemampuan bukan jenjang akademik, 4) mengadakan studi komparatif, 5) mengadakan program pengembangan perpustakaan 50 juta pertahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:24
Last Modified: 10 Apr 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item