Peran Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Situbondo dalam Meningkatkan Peluang Kerja

Mauqflrokh, Ila Siti (2018) Peran Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Situbondo dalam Meningkatkan Peluang Kerja. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ila Siti MauqfIrokh_082 144 028.pdf

Download (3MB)

Abstract

UPT Pelatihan Kerja merupakan sebuah intitusi yang menyediakan pelatihan kerja bagi masyarakat yang tidak dapat melanjutkan studinya kejenjang lebih tinggi seperti lulusan SLTP dan SLTA, untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih terampil dan produktif juga kompeten, sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Banyak sarana pelayanan sosial yang pemerintah sediakan untuk masyarakat dalam mengembangkan kesejahteraan sosial. Namun tidak sedikit pula masyarakat masih kebingunan mencari lapangan pekerjaan dengan alasan tidak memiliki keahlian dan ketrampilan. Sehingga dalam hal ini pemerintah menyediakan pelatihan kerja agar masyarakat dapat ikut andil dalam pelatihan dan menjadi tenaga kerja yang trampil, produktif, dan mampu bersaing sehingga memudahkan mereka dalam mendapatkan lapangan pekerjaan. Disisi yang lain pelatihan yang diberikan tidak berbanding lurus dengan peserta yang dilatih terhadap dunia kerja, terutama pada kejuruan industri seperti las listrik, teknik pendingin dan lain sebagainya. Oleh karena itu dalam meningkatkan peluang kerja dengan memberikan pelatihan kerja, dalam hal ini UPT PK sangat berperan mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, baik dalam hal memberikan pelatihan dan kegiatan lainnya yang mendorong masyarakat untuk berkembang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana peran UPT PK Situbondo dalam meningkatkan peluang kerja 2). Apa faktor pendukung dan kendala UPT PK dalam meningkatkan peluang kerja. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar peran UPT PK dalam meningkatkan peluang kerja masyarakat Situbondo, serta mendeskripsikan faktor kendala dan pendukung UPT PK yang dihadapi pada saat memberikan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif, analisis data dilakukan sebelum di lapangan dan selama di lapangan, selanjutnya reduksi data apabila data sudah kredibel. Lokasi penelitian di Unit Pelaksanaan Teknis Pelatihan kerja (UPT PK) Situbondo, Kecamatan Panji Kab.Situbondo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Untuk meningkatkan peluang kerja terhadap masyarakat Situbondo, UPT PK disini sangat berperan melalui pelatihan yang diberikan, hal ini dapat dilihat masyarakat yang semula tidak memiliki keahlian dan ketrampilan, menjadi trampil dan kompeten di bidangnya, serta memiliki pekerjaan yang sesuai di bidangnya 2) faktor pendukung selama pelatihan adalah fasilitas dan sarana-prasarana yang lengkap, bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang tergabung dalam Job Market Fair. Sedangkan untuk faktor kendala yang dihadapi adalah waktu pelatihan yang kurang, penempatan tenaga kerja yang kurang maksimal pada kejuruan industri, dan tidak adanya kemaun alumni untuk melanjutkan. Kata kunci: peran, UPT PK, dan peluang kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0899 Other Information and Computing Sciences > 089999 Information and Computing Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22102

Actions (login required)

View Item View Item