Penerapan Program Abdi Masyarakat (PAM) Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018

Nasifah, Isri (2019) Penerapan Program Abdi Masyarakat (PAM) Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isri Nasifah_084 141 393.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepedulian sosial sangat penting dalam berinteraksi di lingkungan sekitar. Jika kepedulian sosial ini terkikis, maka akan sulit bagi seseorang untuk bersosialisasi dalam masyarakat. Untuk itu dibutuhkan pembinaan dan pengembangan kepedulian sosial. Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program pengabdian untuk melatih siswa bersosialisasi dalam bermasyarakat dan melatih kepemimpinan siswa. Program tersebut yaitu Program Abdi Masyarakat (PAM). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan Program Abdi Masyarakat (PAM) dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa di MA Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018? (2) Bagaimana dampak Program Abdi Masyarakat (PAM) dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa di MA Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Program Abdi Masyarakat (PAM) dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa di MA Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018 (2) Untuk mendeskripsikan dampak Program Abdi Masyarakat (PAM) dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa di MA Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk-bentuk kegiatan PAM yaitu (a) mengajar, (b) menjadi pengurus, (c) muslimatan/pengajian, (d) bakti sosial, (e) pengadaan lomba. Bentuk-bentuk kegiatan PAM yaitu mengajar, menjadi pengurus, muslimatan/pengajian, bakti sosial dan pengadaan lomba. Dari bentukbentuk kegiatan PAM tersebut sikap kepedulian sosial siswa dapat meningkat setelah mengikuti kegiatan PAM (2) Dalam kegiatan PAM tersebut banyak memberikan dampak positif bagi siswa yaitu (a) dalam mengajar siswa menjadi percaya diri dan merasakan sulitnya menjadi guru, (b) ketika menjadi pengurus siswa menjadi bertanggung jawab dan memiliki jiwa kepemimpinan, (c) dalam kegiatan muslimatan siswa menjadi mandiri, sosialisasi menjadi baik, (d) dalam kegiatan bakti sosial menjadikan siswa memiliki rasa empati dan peduli terhadap persoalan-persoalan yang terjadi dilingkungan sekitar dan turut merasakan kesulitan yang dialami orang lain, serta (e) dalam kegiatan pengadaan lombalomba menjadikan siswa meningkat dalam keterampilan dan kemampuan IPTEK. Dari bentuk-bentuk kegiatan PAM tersebut dapat dilihat bahwa sikap kepedulian sosial siswa dapat meningkat setelah mengikuti kegiatan PAM.. Kata Kunci : Program Abdi Masyarakat, Kepedulian Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22106

Actions (login required)

View Item View Item