Efektifitas Program Beras sejahtera Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pangan Bagi Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumberjambe

Baihaki, Lisnan (2018) Efektifitas Program Beras sejahtera Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pangan Bagi Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumberjambe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lisnan Baihaki_ 082144018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Program beras sejahtera bagi masyarakat yang berpendapatan rendah adalah merupakan program nasional untuk membantu serta mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat yang kurang mampu. pemerintah membuat kebijakan yang berawal dari krisis moneter pada tahun 1998 yang merupakan awal dari pelaksanaan program ini dimulai yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan bagi rumah tangga miskin. Pada tahun 2018 merupakan awal dari peralihan yang semula berupa pola subsidi menjadi pola bantuan sosial yang mana tidak terdapat harga atau biaya tebus yang harus dibayar oleh KPM. Fokus Penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana Efektifitas Sistem Distribusi Program Beras Sejahtera Di Desa Gunungmalang Kecamatan Suberjambe? 2) Bagaiamana Respon Masyarakat Terhadap Sasaran Program Beras Sejahtera dalam meningkatkan Kesejahteraan Pangan Bagi Mastarakat Kurang Mampu Di Desa Gunungmalang?. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui efektifitas sistem distribusi program beras sejahtera di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumberjambe. 2) untuk mengetahui respon masyarakat terhadap sasaran program beras sejahtera dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat kurang mampu di Desa Gunungmalang Kecamatan Sumberjambe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menurut Merriam ada dua tahap dalam menganalisi data yaitu sewaktu pengambilan data dan setelah pengambilan data. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) sistem distribusi beras sejahtera di Desa Gunungmalang kurang efektif dikarenakan adanya beberapa data dari pusat yang tidak sesuai dengan kritera penerima. 2) banyaknya respon dari masyarakat yang mampu secara perekonomiannya agar pembagian beras sejahtera disamaratakan tanpa tebang pilih. Kata Kunci, Efektivitas Program Beras Sejahtera, Kesejahteraan Pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22111

Actions (login required)

View Item View Item