Implentasi Komunikasi Interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan Santri dalam proses menghafal surat-surat pendek di TPQ Al-Mukhtar desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Mukaromah, Luluk (2018) Implentasi Komunikasi Interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan Santri dalam proses menghafal surat-surat pendek di TPQ Al-Mukhtar desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Mukaromah_082 141 029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah alat transformasi yang digunakan oleh manusia dengan komunikasi manusia dapat mngekspresikan keinginannya. Komunikasi juga ada dalam sebuah pendidikan dalam prosesnya melibatkan banyak komponen yang terdiri atas pendidik, yang di didik, pemilik lembaga dan lainnya. komunikasi yang digunakan pendidik terhadap yang di didik dalam hal ini sangat berpengaruh atas perubahan sikap dan mental Santri. Komunikasi dalam proses belajar mengajar bisa menggunakan komunikasi interpersonal. Fokus penelitian ini tentang apa saja bentuk-bentuk komunikasi interpersonal dan bagaimana implementasi komunikasi interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan Santri dalam proses menghafal surat-surat pendek di TPQ Al-Mukhtar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang apa saja bentukbentuk komunikasi interpersonal dan bagaimana implementasi komunikasi interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan Santri dalam proses menghafal suratsurat pendek di TPQ Al-Mukhtar. Metode penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang menghasilkan data deskriptif . Adapun, tehnik pengumpulan peneliti melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen guna mendapatkan informasi data penelitian yang dibutuhkan. Kemudian penulis menganalisa data secara konprehensif dengan cara deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa implementasi komunikasi interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan santri dalam proses menghafal suratsurat pendek di TPQ Al-Mukhtar terdapat pada pelaksanaan komunikasi interpersonal saat proses menghafal surat-surat pendek berlangsung. Seperti sering berinteraksi dengan santridengan memberikan semangat dan motivasi pada santri untuk mengahafal surat-surat pendek. Bentuk- bentuk komunikasi interpersonal antara Ustadz/Ustadzah dan santri dalam proses menghafal suratsurat pendek adalah dengan berdialog dan konseling untuk menciptakan hubungan akrab. Kata Kunci: Implementasi Komuniksi Interpersonal, Menghafal Surat-surat pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22113

Actions (login required)

View Item View Item