Pendidikan Islam Bagi Anak Perantau Di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Rambipuji Jember Tahun 2018

Widiawati, Luvi (2019) Pendidikan Islam Bagi Anak Perantau Di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Rambipuji Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luvi Widiawati _084141115.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anak merupakan amanat Allah yang diberikan kepada setiap orang tua, dan orang tua inilah orang yang paling berkewajiban untuk membimbing dan mendidik anaknya terutama dalam pendidikan agamanya. Hal ini pula yang menjadi perhatian orang tua di Dusun Curah Suko. Sebagian besar dari penduduknya adalah perantau. Pekerjaan merantau banyak menyita waktu dan perhatian, sehingga dapat mengurangi perhatian perantau terhadap pendidikan agama bagi anak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Ruang Lingkup Pendidikan Islam bagi Anak Keluarga Perantau di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. 2) Bagaimana Metode dalam Penerapan Pendidikan Islam bagi Anak Keluarga Perantau di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. 3) Apasaja kendala yang dihadapi dalam Penerapan Pendidikan Islam bagi Anak Keluarga Perantau Akhlak di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan Ruang Lingkup Pendidikan Islam bagi Anak Keluarga Perantau di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. 2) Untuk mendeskripsikan Metode dalam Penerapan Pendidikan Islam bagi Anak Keluarga Perantau di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. 3) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam Penerapan Pendidikan Agama Islam bagi Anak Keluarga Perantau di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitaif, dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Ruang Lingkup Pendidikan Islam bagi anak perantau yaitu Aqidah, Masyarakat menanamkan nilai-nilai keimanan kepada anak sedini mungkin. Dari segi Syari’at, masyarakat menekankan dalam hukum wajib. Yang diutamakan yakni adalah ibadah sholat wajib. Sedangkan dari segi Akhlak, orang tua lebih menekankan kepada sopan santun. 2) Metode dalam penerapan pendidikan Islam anak, melalui Madrasah Ibtidaiyah, Pondok Pesantren, TPA/TPQ, media belajar serta memanfaatkan teknologi internet. 3) Kendala dalam penerapan pendidikan Islam bagi anak perantau yaitu keinginan bermain yang berlebihan, dibutuhkan sosok bapak dalam proses pendidikan Islam, keterbatasan pengetahuan dan wawasan tentang nilai-nilai keagamaan yang diajarkan pada anak menjadi salah satu kelemahan orang tua dengan keterbatasannya dalam pendidikan Islam. Selain itu kendalanya ialah kontrol emosi anak yang kurang stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22114

Actions (login required)

View Item View Item