Pembelajaran Hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Abrori, M. Erfan (2019) Pembelajaran Hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Erfan Abrori_084 138 019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilmu tentang hadits sangatlah luas, untuk itu diperlukan pelajaran ynag serius dan mendalam mengenai hadits, mulai dari belajar ilmu hadits, dasar-dasar ilmu hadits riwayah atau riwayah, pembagian haditsdan penjelasan mengenai lafadzlafadz yang terdapat di kalangan ahli hadits. Pembelajaran hadits juga banyak dibahas dalam kajian-kajian kitab, contohnya pada Kitab Musthalahul Hadits. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis? dan (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis? dan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis? Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis di Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum Sumber Wringin Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 sudah dilaksanakan, akan tetapi ustadz tidak membuat silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis dilaksanakan dengan metode ta’allum atau metode yang pembelajaran terpusat pada guru, syirah nabawiyah yakni menceritakan sirah-sirah Nabi SAW atau dengan menggunakan metode ceramah dan (3) Evaluasi pembelajaran hadits melalui Kitab Musthalahul Hadis dilaksanakan dan efektif karena menggunakan kolaborasi antara teknik tes dan non tes. Adapun teknik tes dilakukan melalui tugas harian, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Sedangkan evaluasi non tes dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan oleh ustadz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:46
Last Modified: 10 Apr 2023 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22115

Actions (login required)

View Item View Item