pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Lingkungan (Studi kasus Yasasan Jagad Lestari Karanganyar Paiton Kabupaten probolinggo)

Firmansyah, Mr (2018) pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Lingkungan (Studi kasus Yasasan Jagad Lestari Karanganyar Paiton Kabupaten probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Firmansyah_083122100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yayasan Jagad Lestari adalah Merupakan Salah Satu Yayasan yang Berada di Kabupaten Probolinggo yang melakukan pemberdayaan Ekonomi mayarakat Melalui Tanaman Mangrove, guna menciptakan masyarakat mandiri. Dalam melakukan pemberdayaan masyarakat Yayasan Jagad Lestari melakukan beberapa program yang salah satunya melakukan penanaman bibit Mangrove, sampai akhirnya menghasilkan sebuah produk yang bermamfaat dari tanaman tersebut. Hutan mangrove sebagai salah satu ekosistem yang sangat unik merupakan sumberdaya alam yang sangat potensial. Tujun Yayasan Jagad Lestari adalah berperan aktiv dalam segala kegiatan dan upaya yang berhubungan dengan perlindungan, pelastarian dan pemamfaatan ekosistem untuk kesehjahteraan Masyarakat. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Yayasan Jagad Lestari melakukan pemberdayaa ekonomi yang berbasis lingkungan? 2) Bagaimana Dampak pemberdayaa ekonomi umat yang dilakukan Yayasan Jagad Lestari di Desa Karanganyar? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskipsikan peran dan strategi Yayasan Jagad Lestari dalam pemberdayaan ekonomi umat. 2) mengetahui dampak pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat terkait pengelolaan lingkungan Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya field research peneliti meneliti dan mengambil data langsung dilapangan. Adapun tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan : Dalam pengembangan kelompok yayasan Jagad Lestari melakukan pendampingan selalu kepada kelompok binaan tersebut supaya apa yang di harapkan oleh kelompok tersebut bia terlaksana dan kami melakukan evaluasi 1 bulan sekali terkait pendampinngan tersebut supaya kita mengatahui kekurangan dan mengatahui kinerja-kinerja mereaka selama 1 bulan. Kelompok Binaan itu terkait kinerja mereka sehingga menghasilkan sebuah produk yang mana produk itu bisa di jual ke intansi atau took-toko terdekat dan bisa menumpang kehidupan mereka dalam perekonomian sehari hari. pekumpulan ini sangat banyak berpengaruh bagi kita semua karena kita sangat sadar bahwasanya masyarakat disini minim terkait pekumpulan meskipun ada masih kurang bermamfaat bagi kita semua maka dari itu temen disini gembira adanya pemamfaatan lingkungan sekira kita. Kata Kunci : Pemberdayaan Ekonomi Umat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item