Peran kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestas Belajar Siswa di SMA Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hotip, Mr (2015) Peran kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestas Belajar Siswa di SMA Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hotip_ 084 103 035.pdf

Download (721kB)

Abstract

Kata kunci: Kepala Sekolah, Prestasi Belajar Siswa Kepala sekolah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi disebuah lembaga pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semua komponin sekolah yang diembennya. Peran kepala sekolah yang dijalankan secara efektif dan kontinue tentu memberikan pengaruh yang positif terhadap kemajuan lembaga, begitu juga sebaliknya, baik diwilayah administrasi, supervisi dan evaluasi. Dengan demikian, maka kemampuan kepala sekolah untuk bisa berperan menjadi pimpinan sekaligus sebagai manajer harus benar-benar bermutu. Dalam hal ini, fokus penelitian dikembangkan pada dua arah 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang akademik di SMA Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang non akademik di SMA Nurul Islam Jember? Berpijak pada fokus penelitian diatas maka tujuan penelitian ini antara lain: 1) mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang akademik di SMA Nurul Islam Jember. 2) mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang non akademik di SMA Nurul Islam Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunaka metode kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, TU dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan secara sistematis dimulai dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data yaitu mrnggunakan triangulasi sumbar. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember, bahwa dalam melaksanakan perannya, kepala sekolah SMA Nurul Islam Antirogo Sumbersari Jember sebagai supervisor,evaluator dan administrator. Dari segi teknis sudah berjalan dengan baik, tapi masih kurang optimal, sehingga hasilnya secara umum prestasi belajar siswa masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22125

Actions (login required)

View Item View Item