Penerapan Program Muhadhoroh Tiga Bahasa Dalam Mengembangkan Life Skill Santri Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Mufarrija, Mahyaa (2023) Penerapan Program Muhadhoroh Tiga Bahasa Dalam Mengembangkan Life Skill Santri Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_MAHYAA WTM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Program Muhadhoroh Tiga Bahasa, Life Skill Santri
Kulliyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islmiyah, Pondok
Pesantren.
Muhadhoroh atau pidato yang dimiliki Pondok Pesantren Baitul Hikmah
sangatlah unik yaitu menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa Indonesia, bahasa
Arab dan bahasa Inggris. Program ini merupakan suatu kewajiban yang harus
diikuti oleh seluruh santri, setiap minggunya tema muhadhoroh berbeda-beda agar
mereka mempunyai ragam pengetahuan, dan menimalisir pinjam-meminjam teks
muhadhoroh, dengan muhadhoroh ini dapat mengembangkan life skill dengan
mudah, cepat, tepat dan efektif dari pada ekskul lain yang ada di pesantren.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan program muhadhoroh tiga bahasa dalam mengembangkan life skill
personal? 2) Bagaimana penerapan program muhadhoroh tiga bahasa dalam
mengembangkan life skill sosial? 3) Bagaimana penerapan program muhadhoroh
tiga bahasa dalam mengembangkan life skill akademik? 4) Bagaimana penerapan
program muhadhoroh tiga bahasa dalam mengembangkan life skill vokasional
santri Kulliyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islmiyah di Pondok Pesantren
Baitul Hikmah Tempurejo Jember?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan penerapan program muhadhoroh tiga bahasa dalam
mengembangkan life skill personal. 2) Mendeskripsikan penerapan program
muhadhoroh tiga bahasa dalam mengembangkan life skill sosial. 3)
Mendeskripsikan penerapan program muhadhoroh tiga bahasa dalam
mengembangkan life skill akademik. 4) Mendeskripsikan penerapan program
muhadhoroh tiga bahasa dalam mengembangkan life skill vokasional santri
Kulliyatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islmiyah di Pondok Pesantren Baitul
Hikmah Tempurejo Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh
Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik uji data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Life skill personal meliputi
beberapa tahap yaitu menyiapkan tema, pelatihan materi, gladi bersih dan tahap
penampilan. 2) Life skill sosial meliputi pembagian jadwal muhadhoroh tiga
bahasa. 3) Life skill akademik meliputi pelatihan MC, pembacaan saritilawah,
penyampaian intisari, dekor, dirigen dan paduan suara. 4) Life skill vokasional
meliputi muhadhoroh akbar/Baitul Hikmah Go Talent, dan Impelementasi kepada
masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyaa Mufarrija
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:01
Last Modified: 11 Apr 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item View Item