Itsbat, Mr (2019) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Itsbat_084148013.pdf Download (6MB) |
Abstract
Banyak faktor yang menghambat pserta didik dalam belajar, salah satunya adalah broken home. salah satu penyebab terjadinya broken home adalah karena perceraian orang tua, perekonomian keluarga yang tergolong lemah atau tiadanya orang tua baik bapak atau ibu bahkan keduanya karena bekerja di luar kota atau menjadi TKI di luar negeri (Malaysia, Hongkong dan Saudi Arabia) sehingga nyaris tidak adanya pengawasan dari orang tua kepada anak-anak. Agar dalam pembelajaran di sekolah tidak mengalami masalah diperlukan adanya peran guru untuk meningkatkan kemandirian siswa tersebut. Peran guru tersebut terbagi menjadi tiga bagian yaitu guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai pelatih. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai pengajar dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019?, (2) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019?, dan (3) Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak sebagai pelatih dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlak sebagai pengajar dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019, (2) Mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019, dan (3) Mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlak sebagai pelatih dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaan 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil jenis penelitian lapangan, pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif Milles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini yaitu (1) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai pengajar dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember meliputi perencanaan pengajaran, penguasaan materi, penerapan metodologi pengajaran, pengelolaan kelas dan evaluasi, (2) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajatan 2018/2019 dilakukan melalui guru memberikan motivasi terhadap siswa, guru memberikan bimbingan dan guru melakukan pembinaan terhadap siswa, dan (3) Peran guru Aqidah Akhlak sebagai pelatih dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa broken home melalui guru terampil dalam menyiapkan bahan pelajaran, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, terampil menyampaikan ilmu pada murid, terampil menggairahkan semangat belajar murid dan terampil menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 06:54 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 06:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22150 |
Actions (login required)
View Item |