Pembinaan Keislaman Jama’ah di Masjid Miftahul Khoir Tegal Besar Jember Tahun 2018.

Awabin, Muhammad Ramdan (2019) Pembinaan Keislaman Jama’ah di Masjid Miftahul Khoir Tegal Besar Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ramdan Awabin_084141132.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan keislaman merupakan proses membentuk manusia dengan menerapkan kegiatan keagamaan Islam agar menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT, contohnya pengajian diisi dengan pembacaan surah yasin dan tahlil, majelis ilmu dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pembinaan jama’ah dalam kegiatan keagamaan Islam dapat menimbulkan rasa kekeluargaan dan juga mempererat tali persaudaraan antar jama’ah maupun sesama muslim. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan keislaman pada aspek aqidah di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018? 2) Bagaimana pembinaan keislaman pada aspek ibadah di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018? 3) Bagaimana pembinaan keislaman pada aspek akhlak di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembinaan keislaman jama’ah pada aspek aqidah di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018. 2) Mendeskripsikan pembinaan keislaman jama’ah pada aspek ibadah di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018. 3) Mendeskripsikan pembinaan keislaman jama’ah pada aspek akhlak di Masjid Miftahul Khoir tahun 2018. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mengenai pembinaan keislaman di Masjid Miftahul Khoir Tegal Besar Jember Tahun 2018, maka yang dapat disimpulkan adalah: 1) Pembinaan keislaman pada aspek aqidah dilakukan dengan pengajian. Pada pengajian ini dapat mengubah jama’ah menjadi manusia sempurna, disebabkan pembinaan aqidah adalah pembawa berita gembira bagi jama’ah karena tahapan awal dari pembinaan keislaman. Pembinaan aqidah hanya berisi tentang teori atau tema dan tidak sampai pada pengaplikasian. Aqidah merupakan proses membangun pondasi keislaman pada jama’ah. 2) Dalam pembinaan ibadah, pembinaan ibadah umumnya menjurus pada penerapan. Tetapi pembinaan ibadah pada jama’ah dikolaborasikan dengan pengajian dan shalat berjamaah sehingga jama’ah menerapkannya tanpa pengawasan dari pemateri. Pada pelaksanaan shalat berjamaah jama’ah sudah memahami terhadap adabnya serta sangat tertib dan efektif dalam menjalankannya. 3) Pada pembinaan akhlak ditanamkan mengenai akhlak umum, serta adab dalam fiqih seperti adab dalam shalat, akhlak masuk masjid dan akhlak kepada orang tua melalui pengajian. Pada aspek ini jama’ah diajarkan memiliki sikap dan sifat mulia, agar berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Dalam aspek ini jama’ah sudah bisa menerapakan dalam kehidupan sehari-hari melalui ilmu yang diperoleh pada saat pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:53
Last Modified: 10 Apr 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item