Metode Pendamping Dalam Melayani Korban Kekerasan Fisik Pada Perempuan Dan Anak Di Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Jember

Kinanti, Putri Diah (2018) Metode Pendamping Dalam Melayani Korban Kekerasan Fisik Pada Perempuan Dan Anak Di Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Diah Kinanti_082144022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini banyak terjadi kasus (permasalahan) yang muncul di masyarakat, salah satunya yaitu masalah kekerasan. Masalah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Di mana-mana selalu terjadi kekerasan dalam bentuk fisik maupun psikis terhadap perempuan dan anak. Oleh karena itu dalam rangka mengembangkan kegiatan perlindungan bagi kaum perempuan dan anak untuk mewujudkan rasa kepedulian terhadap korban kekerasan, maka dibutuhkan lembaga dalam menangani korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dalam hal ini berdirilah Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Jember. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana metode pendamping dalam melayani korban kekerasan fisik pada perempuan dan anak di Pusat Pelayanan Terpadu Jember? 2) Apa Prosedur pendampingan dalam melayani korban kekerasan fisik pada perempuan dan anak di Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Jember? Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui metode seperti apa saja yang telah dilakukan pendamping terhadap korban kekerasan fisik pada perempuan dan anak di Lembaga Pusat Pelyanan Terpadu Jember. 2) untuk mengetahui prosedur pendampingan dalam melayani korban kekerasan fisik pada perempuan dan anak di Lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menurut Merriam ada dua tahap dalam menganalisi data yaitu sewaktu pengambilan data dan setelah pengambilan data. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Metode Pendamping dalam melayani korban disini yaitu dengan mediasi, administrasi dan juga pendampingan, dan pendampingan ini juga merupakan program dari PPT yang dibagi menjadi 2 yaitu pendampingan selter dan pendmapingan visum. 2) Prosedur pendamping dalam melayani korban yaitu dengan dukungan penguatan psikis korban, tujuannya untuk mengembalikan kejiwaan korban seperti dulu. Kata Kunci: Metode Pendamping, Pelayanan Sosial, Korban Kekerasan Fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:53
Last Modified: 10 Apr 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item