Strategi Komunikasi Bisnis Industri Kayu Skala Internasional Pada PT. Cendana Putra Nusantara

Aminah, Siti (2018) Strategi Komunikasi Bisnis Industri Kayu Skala Internasional Pada PT. Cendana Putra Nusantara. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Aminah_083144181.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bisnis adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Sedangkan komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia bisnis, baik yang berskala kecil, menengah, dan besar, orang-orang yang ada dalam organisasi bisnis (pelaku bisnis) tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi. Oleh karenanya, bagi mereka komunikasi merupakan faktor yang sangat penting bagi pencapaian tujuan suatu organisasi. Mereka dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik yang tradisional maupun modern sebagai sarana penyampaian pesan. Adapun fokus penelitian yang dirumuskan terdapat dua fokus yang diteliti oleh penliti diantaranya: 1) Bagaimana bentuk-bentuk strategi komunikasi bisnis industri kayu skala internasional pada PT Cendana Putra Nusantara? 2) Bagaimana pengaruh strategi komunikasi bisnis terhadap ketahanan industri pada PT Cendana Putra Nusantara? Sementara tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi komunikasi bisnis industri kayu skala intenasional pada PT. Cendana Putra Nusantara dan mengetahui pengaruh adanya strategi komunikasi bisnis terhadap ketahanan industri PT. Cendana Putra Nusantara. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan penelitian lapangan. Sementara teknik pengupulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dengan demikian, peneliti memperoleh kesimpulan 1) Bentuk-bentuk strategi komunikasi bisnis industri kayu skala internasional yang diterapkan pada PT. Cendana Putra Nusantara ada tiga yaitu (1) Membangun hubungan pertemanan untuk menjadi satu keluarga dalam bisnis, (2) Mengunjungi perusahaan (silaturrahmi) rekan bisnis, dan (3) Memahami budaya bisnis berbeda negara. Bentuk-bentuk strategi komunikasi bisnis tersebut bertujuan untuk menjaga hubungan kerja yang baik serta kepercayaan yang tinggi antar sesama rekan kerja; 2) Pengaruh strategi komunikasi bisnis terhadap ketahanan industri PT. Cendana Putra Nusantara sebagai bentuk keberlangsungan perusahaan untuk tetap beroperasi dan berkembang. Selain itu, untuk meningkatkan laba serta kepercayaan yang tinggi dari rekan kerja bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:16
Last Modified: 10 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item