Dakwah dan Entrepreneurship pada Majelis Sholawat Al-Muhibbin di Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Ismaya, Siti Nur (2018) Dakwah dan Entrepreneurship pada Majelis Sholawat Al-Muhibbin di Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Ismaya_082141053.pdf

Download (57MB)

Abstract

Dakwah entrepreneurship sendiri sebenarnya masih sangat awam di telinga kebanyakan orang, Materi dakwah dan keduniaan haruslah seimbang, jangan selalu menjelaskan masalah akhirat dan melupakan dunia, sehingga ini yang membuat umat Islam tertinggal jauh dari umat-umat lain, dengan dakwah dan entrepreneurship akan mewujudkan cita-cita dari visi dan misi umat Islam, yaitu “bahagia di dunia dan bahagia juga di akhirat”. Majelis sholawat al-Muhibbin di Dusun Krajan Kecamatan Silo Desa Silo Kabupaten Jember ialah lembaga sosial dalam bidang dakwah Islam yang membangun sebuah entrepreneurship yaitu pabrik tahu, untuk menunjang biaya oprasional majelis dan menambah lapangan pekerjaan, karena majelis sholawat Al-Muhibbin, merupakan lembaga yang menggunakan prinsip mandiri didalamnya. Keuntungan dari pabrik tahu tersebut digunakan untuk menggaji para karyawan yang kerja di pabrik tahu tersebut, dan digunakan untuk biaya oprasional majelis sholawat Al-Muhibbin. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kegiatan Dakwah pada majelis sholawat al-Muhibbin. 2) Bagaimana peran entrepreneurship pada majelis sholawat al-Muhibbin. 3) Apa Hubungan dakwah dan entrepreneurship pada majelis sholawat al-Muhibbin. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kegiatan dakwah pada majelis sholawat al-Muhibbin Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, untuk mengetahui peran entrepreneurship pada majelis sholawat al-Muhibbin Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, dan untuk mengetahui hubungan dakwah dan entrepreneurship dalam kegiatan dakwah pada majlis sholawat al-Muhibbin Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif agar hasil penelitian dapat dijelaskan secara jelas dan detail. Jenis penelitian ini adalah field reasearch (penelitian lapangan), dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dakwah dan entrepreneurship pada majelis sholawat alMuhibbin di Dusun Krajan Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ialah dakwah yang memiliki entrepreneurship untuk menyokong biaya oprasional, dengan adanya pabrik tahu maka terdapat solusi pembiayaan dan juga menambah lapangan pekerjaan di Dusun Krajan, maka dakwah dan entrepreneurship dapat dikatakan berhubungan karena sama-sama menyangkut kemaslahatan umat terutama dalam sebuah lembaga dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:16
Last Modified: 10 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item