Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Adawiyah, Siti Robiatul (2015) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Robiatul Adawiyah_084 113 011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan suatu program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal. Melalui Sarana dan prasarana pendidikan maka akan tercapai tujuan pendidikan. Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional lebih-lebih di tingkat sekolah maka tidak lepas dari usaha, yaitu dengan cara membenahi sistem pengelolaan sekolah, administrasi sekolah, kedisiplinan, peningkatan kemampuan guru dalam mengajar, kerjasama antara sekolah dan masyarakat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016?, 2.Bagaimana inventaris dan pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016?, 3.Bagaimana penghapusan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016?.Berpijak pada fokus penelitian diatas maka tujuan penelitian 1.Untuk mendiskripsikan perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016, 2.Untuk mendiskripsikan inventarisasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016, 3.Untuk mendiskripsikan penghapusan sarana dan prasarana dalam meningktakan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji Jember tahun pelajaran 2015/2016. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah 1.Perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri Rambipuji. Diadakan melalui analisis perencanaan pengadaan sarana dan prasarana yang matang dan berorientasi pada tujuan kedepan, sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang ada akan membantu peningkatan mutu pendidikan, 2.Kegiatan inventarisasi, dilakukan agar supaya semua barang dapat dikelola sebagaimana mestinya dan semua tercatat dengan baik. Pemeliharaan juga merupakan tanggung jawab setiap warga sekolah baik itu dari pihak guru, siswa maupun karyawan, dan 3. penghapusan atau pemusnahan sarana dan prasarana pendidikan, sesuai dengan tingkat kerusakan barang itu sendiri. Di tahun ini ada renovasi di SMA Negeri Rambipuji, yakni renovasi laboratorium biologi dan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:15
Last Modified: 10 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item