Pengaruh Sosial, Gaya Hidup dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember Pengguna SPayLater

Sari, Astilaisyah (2023) Pengaruh Sosial, Gaya Hidup dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember Pengguna SPayLater. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Astialisyah Sari_E20192411.pdf

Download (5MB)

Abstract

Astilaisyah Sari, Nadia Azalia Putri, M.M : Pengaruh Sosial, Gaya Hidup, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif
Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember Pengguna Fitur SPayLater
Era digital yang menjadi latar belakang terwujudnya sistem pembayaran dari offline ke online atau sering disebut dengan fintech. Salah satu yang menarik dari inovasi fintech adalah penerapan sistem bayar nanti atau paylater. Perusahaan penyedia paylater salah satunya adalah Shopee yang merupakan marketplace atau tempat jual beli online. SPayLater memberikan banyak kemudahan dan keuntungan salah satunya memiliki limit cukup besar sehingga menjadi pemicu tingginya perilaku konsumtif pada pengguna Shopee termasuk pada mahasiswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh sosial, gaya hidup dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember pengguna fitur SPayLater.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh sosial, gaya hidup dan motivasi belanja hedonisterhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember pengguna fitur SPayLater.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif explanatory research dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus dari Hair sehingga didapat 140 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang dinyatakan dalam bentuk angka dan perhitungan data menggunakan program SPSS.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil uji T (parsial) nilai Sig pada pengaruh sosial, gaya hidup, motivasi belanja hedonis < alpha 0,05 dan diperoleh nilai thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya antara pengaruh sosial, gaya hidup dan motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember pengguna fitur SPayLater. Sedangkan uji F(simultan) atau bersama-sama dapat diketahui diketahui nilai Sig < 0,05 dan Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya pengaruh sosial, gaya hidup, dan motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember pengguna fitur SPayLater. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Variabel pengaruh sosial, gaya hidup, dan motivasi belanja hedonis memiliki R2 61,6% terhadap variabel perilaku konsumtif, sisanya sebesar 38,4% kemungkinan dipengaruhi oleh variabel diluar model regresi pada penelitian ini.
Kata Kunci : Pengaruh Sosial, Gaya Hidup, Motivasi Belanja Hedonis, Perilaku Konsumtif, SPayLater.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Astilaisyah Sari
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:58
Last Modified: 11 Apr 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22172

Actions (login required)

View Item View Item