Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi Rambigundam Rambipuji Jember.

Ni'amah, Umul Khoirotin (2019) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi Rambigundam Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umul Khoirotin Ni’amah_084141070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia berkualitas, bertanggung jawab dan bermanfaat bagi kehidupannya. Pada hakikatnya pendidikan digunakan sebagai wadah untuk menggali potensi yang ada dalam diri manusia dan menumbuhkan karakter bangsa yang lebih baik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana cara penanaman nilai pendidikan karakter religius santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi? 2) Bagaimana cara penanaman nilai pendidikan karakter disiplin santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi? 3) Bagaimana cara penanaman nilai pendidikan karakter kerja keras santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Conclusion Drawing/ Verification. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) cara penanaman nilai pendidikan karakter religius santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi dilakukan dengan metode pembiasaan , yaitu: berdo’a bersama sebelum dan sesudah latihan diawali dengan membaca surat Al Fatihah dan tawassul bersama-sama yang dipimpin oleh pelatih dan di dalam bela diri lebih mengutamakan pengajaran tentang ilmu akhlak yang sudah tertera dalam gerakan salam pagar nusa. 2) cara penanaman nilai pendidikan karakter disiplin santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi dilakukan dengan datang tepat waktu dan ketika terlambat harus siap menerima sanksi, menunjukkan kepatuhan kepada pelatih pada saat melaksanakan ujian kenaikan tingkat, dan ketika ujian kenaikan tingkat harus dilakukan dengan mandiri sesuai aturan yang sudah ditentukan oleh pelatih. 3) cara penanaman nilai pendidikan karakter kerja keras santri melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa di Pondok Pesantren An Nur Haji Alwi dilakukan dengan bersungguh-sungguh dalam berlatih dan pada saat pemilihan perlombaan santri bekerja keras untuk menampilkan yang terbaik tanpa pantang menyerah untuk terus berlatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:24
Last Modified: 10 Apr 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22176

Actions (login required)

View Item View Item