Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2014 / 2015

Khovivah, Una Shohihatul (2015) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2014 / 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Una Shohihatul Khovivah_084 103 001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu hal yang ada dalam jiwa seorang pemimpin yang terdiri dari kepemimpinan karismatik, visioner, transformasinoal. Dalam hal ini merupakan sebuah tindakan yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam penerapan manajemen Berbasis madrasah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana gaya kepemimpinan Karismatik kepala sekolah dalam penerapan manajemen Berbasis madrasah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember? 3) Bagaimana gaya kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam penerapan manajemen Berbasis madrasah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendiskripsikan gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di Ma Ma’arif Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2014 / 2015. 2) Untuk mendiskripsikan gaya kepemimpinan karismatik kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di Ma Ma’arif Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2014 / 2015. 3) Untuk mendiskripsikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di Ma Ma’arif Jenggawah Kabupaten Jember Tahun 2014 / 2015. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti untuk menghimpun data, antara lain: metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam teknik ini peneliti menggunakan jenis wawancara tak terstruktur (unstructed interview) dimana yang dimaksud wawancara tak berstruktur disini adalah wawancara yang bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti ialah Triangulasi Sumber. Berdasarkan pengumpulan data di atas, maka dapat disimpulkan dengan sebuah hasil penelitian ini yaitu: 1) Gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember sudah terlaksana baik dalam hal sarana dan prasarana maupun dalam hal kurikulum. 2) Gaya kepemimpinan Karismatik kepala sekolah dalam penerapan manajemen madrasah sekolah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember telah berjalan dengan baik. Yaitu dengan jiwa kekarismaan yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah dapat mempermudah penerapan manajemen berbasis sekolah. Misalnya dalam hal kedisiplinan dan keprofesionalan serta tanggung jawab. 3) Gaya kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis madrasah di MA MA’ARIF Jenggawah Kabupaten Jember dapat berjalan sesuai dengan harapan kerna kepala sekolah MA MA’ARIF telah memberikan motivasi-motivasi dan arahan-arahan baik terhadap bawahannya, yatu berupa training (latihan) dan pembinaan agar bawahannya memahami dengan benar tugas-tugasnya dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:24
Last Modified: 10 Apr 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item