Monograf Kingdom Plantae di Lingkungan Kampus UIN KHAS Jember

Hasanah, Rafiatul Monograf Kingdom Plantae di Lingkungan Kampus UIN KHAS Jember. Komojoyo Press, Sleman. ISBN 978-623-6961-71-1

[img] Text
(Full Color)MONOGRAF KINGDOM PLANTAE by RAFIATUL HASANAH 180.pdf

Download (74MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki cakupan keilmuan yang cukup luas. Salah satu bidang keilmuan yang dibahas adalah tentang klasifikasi dari makhluk hidup. Semua kingdom/ kerajaan dari suatu makhluk hidup dibahas secara rinci mulai dari taksonomi dan deskripsi ciri morfologinya. Salah satu pembahasan tersebut adalah klasifikasi pada kingdom plantae (tumbuhan).
Buku monograf ini memberikan nuansa baru dalam menghadirkan materi klasifikasi kingdom tumbuhan karena bersifat kearifan lokal. Artinya tidak hanya mengidentifikasi jenis tumbuhan yang tumbuh di lingkungan kampus UIN Khas Jember secara taksonomi ilmiah dan deskripsi morfologi, tetapi juga adanya tambahan nama lokal, lokasi tumbuh serta pemanfaatan konservasi dari tumbuhan tersebut. Tujuan dari pengembangan buku monograf ini adalah sebagai rujukan bacaan untuk mengenalkan keanekaragaman tumbuhan yang tumbuh baik secara domestikasi atau tidak (liar) di lingkungan kampus UIN Khas Jember.
Hasil identifikasi keanekaragaman tumbuhan yang dihadirkan dalam buku monograf ini meliputi divisi dari tumbuhan lumut (Bryophyta) sebanyak 7 spesies, tumbuhan paku (Pteridophyta) sebanyak 5 spesies, dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) pada subdivisi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) sebanyak 4 spesies, dan pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) sebanyak 57 spesies.

Item Type: Book
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Rafiatul Hasanah
Date Deposited: 10 Apr 2023 10:15
Last Modified: 10 Apr 2023 10:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item