Implementasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hariyanto, Hendro (2015) Implementasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hendro Hariyanto_084 103 066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran adalah aktivitas atau upaya yang bukan hanya berupa pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai dan pengalaman yang muaranya adalah perubahan tingkahlaku peserta didik sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Upaya tersebut memerlukan pengelolaan pembelajaran yang hanya dilakukan oleh guru yang profesional. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?. Adapun sub fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015?; dan (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan umum penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan Implementasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan khusus meliputi: Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. dan Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Lokasi yang dijadikan tempat penelitian terletak di Jl. Argopuro 32 Desa Badean Kecamatan Bangsal Sari Kabupaten Jember Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu dengan cara: (a) Mewajibkan Guru membuat RPP, (b) Guru harus terampil dalam merancang pembelajaran (c) Proses memilih (d) Menetapkan dan mengembangkan (e) Pendekatan (f) Metode dan teknik penilaian dalam suatu lokasi waktu, (g) Menawarkan bahan ajar (h) Menyediakan pengalaman belajar yang bermakna (i) Mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran dalam mencapai hasil pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu dengan cara: Pelaksanaan RPP dari, pelaksanaan metode yang telah dipilih dan teknik penilaian, alokasi waktu, mengukur tingkat keberhasilan, namun penentuan alokasi waktu yang sering kurang maksimal, sarana pembelajaran yang kurang memadai, kemampuan guru yang masih belum maksimal mengoprasikan teknologi informasi; (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Badean Kecamatan. Bangsal Sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu dengan cara: (a) Mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan (b) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialaminya peserta didik dalam proses belajar (c) Mengetahui efesiensi dan efektifitas strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, baik yang menyangkut metode, media maupun sumber belajar belajar (d) Mengetahui anak yang memiliki prestasi maupun yang belum berprestasi (e) Mengetahui keterampilan, sikap maupun perilaku peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:24
Last Modified: 10 Apr 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22184

Actions (login required)

View Item View Item