Afifah, Dwi Nur (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X3 Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MAN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text
SKRIPSI DWI NUR AFIFAH_T20191094.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dwi Nur Afifah, 2023: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X3 Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Situbondo.
Kata kunci : pembelajaran menyenangkan, model pembelajaran cooperative learning, snowball throwing, minat dan hasil belajar, Fikih.
Penggunaan model pembelajaran yang monoton menimbulkan rasa bosan pada siswa sehingga siswa kurang tertarik terhadap proses pembelajaran. Hal tersebut berakibat terhadap hasil belajar yang di capai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi bersama guru fikih kelas X3 di MAN 2 Situbondo pada tanggal 25 september 2022 terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan guru, siswa yang kurang aktif saat pembelajaran bahkan terdapat beberapa siswa yang ketiduran di kelas sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Hal tersebut terjadi karena rendahnya minat belajar dalam diri siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang berakibat terhadap hasil belajarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut diperoleh rumusan masalah: 1) Apakah penerapan model pembalajaran cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X3 Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Situbondo? 2) Apakah penerapan model pembalajaran cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X3 Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Situbondo? Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X3 MAN 2 Situbondo yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa tahap pra siklus diperoleh nilai 46,34 kemudian siklus I diperoleh nilai 59,68 dan siklus II diperoleh nilai 80,31. nilai tersebut mengalami peningkatan dan telah mencapai indicator yang telah ditentukan. Tidak hanya minat belajar, dapat kita lihat peningkatan hasil belajar siswa mulai tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 76,95 dengan ketuntasan klasikal 66,66% dan pada siklus I diperoleh rata-rata 84,19 dengan ketuntasan klasikal 76,19% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 90,28 dengan ketuntasan klasikal 90,47%. Dari hasil tersebut terbukti bahwasanya pembelajaran Fikih dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Dwi Afifah |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:20 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22186 |
Actions (login required)
View Item |