ENSIKLOPEDIA DIGITAL PESANTREN DI KABUPATEN JEMBER BERBASIS WEB

Arifin, Miftah and Umam, Khairul ENSIKLOPEDIA DIGITAL PESANTREN DI KABUPATEN JEMBER BERBASIS WEB. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Pesantrenpedia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ensiklopedia digital pesantren merupakan serangkaian informasi tentang pesantren yang disusun sedemikian rupa layaknya ensiklopedia pada umumnya. Ensiklopedia digital pesantren telah ada dalam beberapa model tampilan dan model data namun rata-rata hanya mendeskripsikan data dasar pesantren yang singkat dan tidak mendetail. Data dasar yang dimaksud hanya seputar nama, alamat, kyai, jumlah santri, kurikulum dan sarana. Data-data tersebut hanyalah data dasar dari identitas pesantren yang tidak memungkinkan seseorang untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang suatu pesantren.
Tujuan utama penelitian ini menghasilkan rancang model ensiklopedia digital pesantren dan aplikasinya secara lebih lengkap sehingga dapat digunakan oleh institusi sebagai pusat data tentang pesantren. Pusat data pesantren itu sendiri dapat dimanfaatkan sebagai sumber atau pusat pencarian data pesantren yang terintegrasi dengan berbagai macam informasi tentang pesantren, baik yang terinput di dalam database atau yang tersebar dalam jaringan online. Rancang model ensiklopedia ini pada dasarnya ingin melengkapi jenis data apa saja yang layak ada dan bagaimana cara menjadikannya data pada database pencarian pesantren.
Penelitian ini menggunakan studi literatur dan studi lapangan untuk dapat memperoleh data pesantren dan studi terdahulu. Kelompok data pesantren digunakan untuk memetakan model desain database aplikasi sekaligus data terintegrasi dalam database. Data-data tersebut dianalisis sesuai kebutuhan sistem dan kebutuhan minat data para pengkaji pesantren.
Rancang model ensiklopedia pesantren di Kabupaten Jember dapat berjalan dengan baik meski dibangun menggunakan query like pada mysql, dan didesain menggunakan framework codeigniter agar tampilan aplikasi lebih menarik, interaktif dan responsive. Database aplikasi dapat diupdate sesuai dengan keinginan para users, bukan hanya isi datanya tetapi juga meliputi tipe data apa yang ingin diinput oleh users.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Miftah Arifin
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:01
Last Modified: 11 Apr 2023 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item