Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan di pondok pesantren sabilal muhtadin desa karang pring jember tahun pelajaran 2014/2015

Hafidz, Ahmad (2015) Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan di pondok pesantren sabilal muhtadin desa karang pring jember tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Hafidz_084 103 106.pdf

Download (558kB)

Abstract

Dalam perjalanan sejarah Pondok Pesantren mempunyai peranan penting yaitu sebagai lembaga yang berorientasi tafakkuh fiddin, yang tumbuh dan mengakar di tengah-tengah kehidupan masyarakat, turut andil mencerdaskan generasi bangsa seyogyanya melakukan pembenahan diri. Hal Ini tidak terlepas dari pola kepemimpinan seorang kyai. yang dikembangkan di pesantren khususnya di Pondok Pesantren Sabila Al-Muhtadin Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan formal di Pondok Pesantren Sabila Al-Muhtadin Desa Karang Pring Jember tahun pelajaran 2014/2 015.2) Bagaimana Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan formal di Pondok Pesantren Sabila Al- Muhtadin Desa Karang Pring Jember tahun pelajaran 2014/2 015. Tujuan penelitian ini meliputi:1) Untuk Mendeskripsikan Kepemimpinan Kyai Husni Mubarak Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan formal di Pondok Pesantren Sabila Al-Muhtadin Desa Karang Pring.2)Untuk Mendeskripsikan Kepemimpinan Kyai Husni Mubarak Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan non formal di Pondok Pesantren Sabila Al-Muhtadin Desa Karang Pring. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penjabaran dari hasil penelitian ini tidak berupa angka-angka tetapi bersifat ilmiah dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif.Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikankesimpulan.Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti ialah Triangulasi Sumber Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, yang pertama Pola kepemimpinan Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan jalur formal di pondok pesantren Sabilal Muhtadin, meskipun tetap berprinsip pada sistem musyawaroh, juga masih menyerupai dengan pola kepemimpinan pesantren, yang mana wewenang penuh ada pada seorang kyai. Walaupun pada kepemimpinan ini melibatkan beberapa instansi pedidikan yang ada pada lembaga pesantren Sabila Al-Muhtadin, misalnya lembaga MTs dan MA.Kedua Kepemimpinan Kyai Husni Mubarok dalam pengembangan lembaga pendidikan jalur Non Formal di pondok pesantren Sabila Al-Muhtadin tidak jauh berbeda pada kepemimpinan jalur Formal, dengan otoritas penuh pada pengasuh walaupun disini ada nuansa kepemimpinan kolegial, dengan tujuan pendidikan yang di terapkan lebih mengenak pada masyarakat luas,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:53
Last Modified: 11 Apr 2023 04:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item