Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember dan Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Aziz, Ainur Rofiq (2015) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember dan Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainur Rofiq Aziz_084113031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh baik buruknya organisasi sering kali bergantung pada faktor kepemimpinan. Dalam organisasi pendidikan atau sekolah yang menjadi pemimpin adalah kepala sekolah sedangkan bawahannya adalah guru dan staf. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat sehingga memerlukan teknik atau cara tersendiri dalam melaksanakan tugasnya. Teknik tersebut kemudian dikenal dengan gaya kepemimpinan. Mengingat sekolah merupakan organisasi yang di dalamnya menjalankan proses belajar mengajar, maka kinerja guru sangat menentukan mutu pendidikan sebagai tujuan dari organisasi. Oleh karena itu, diduga gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana gambaran kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan otoriter. 2) bagaimana gambaran kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan demokratis. 3) adakah pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan otoriter, 2) untuk mendeskripsikan kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan demokratis, 3) untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun objek penelitian bertempat di Madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember dan Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh guru dari kedua sekolah tersebut berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, yaitu analisis deskriptif dengan rumus prosntase dan analisis korelasi Chi Kuadrat. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) gambaran kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan otoriter adalah 44% atau 8 dari 18 orang guru berkinerja tinggi dan 56% atau 10 orang dari 18 orang guru berkinerja rendah. 2) gambaran kinerja guru di bawah gaya kepemimpinan demokratis adalah 50% atau 6 orang dari 12 orang guru berkinerja tinggi dan 50% atau 6 orang dari 12 orang guru berkinerja rendah. 3) χ 2 hitung = 0,0893 lebih kecil dari χ 2 tabel = 3.841 yang berarti tidak ada pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:53
Last Modified: 11 Apr 2023 04:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item