Implementasi Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Islamiyah, Ibnah Nur (2015) Implementasi Pengambilan Keputusan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ibnah Nur Islamiyah_084 113 034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengambilan keputusan sekolah merupakan proses manajemen yang berkaitan masalah-masalah organisasi dan sumber daya sekolah dengan melalui langkah-langkah tertentu yang berakhir dengan dilaksanakannya hasil keputusan. Dengan demikian pengambilan keputusan merupakan pikir dari serangkaian aktivitas memecahkan masalah organisasi sekolah. Pengambilan keputusan merupakan fungsi utama dari seorang pemimpin dalam mengelola sekolah. Semakin tinggi kepemimpinan yang diduduki oleh seseorang dalam organisasi, nilai dan bobot strategik dari keputusan yang diambilnya semakin besar. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini 1) Bagaimana Implementasi Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana Dampak Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Apa Latar Belakang Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mendeskripsikan Dampak Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) Untuk mendeskripsikan Latar Belakang Pengambilan Keputusan Individu, Pengambilan Keputusan Kelompok dan Pengambilan Keputusan Partisipatif di ambil oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasannya implementasi pengambilan keputusan kepala madrasah di MTs Raudlatul Ulum Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo telah dilaksanakan dengan Pengambilan Keputusan individu, Pengambilan Keputusan kelompok, dan Pengambilan Keputusan partisipatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:52
Last Modified: 11 Apr 2023 04:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22215

Actions (login required)

View Item View Item