Implementasi Manajemen kelas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2015/2016

Serakusuma, Lusi (2015) Implementasi Manajemen kelas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lusi Serakusuma_084 113 018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen sangat penting untuk diimplementasikan dalam kegiatan di dalam kelas. Kebutuhan terhadap manajemen di kelas, bukan hanya karena kebutuhan akan efektivitas dan efesiensi proses pembelajaran melalui pengoptimalan fungsi kelas, namum lebih dari itu, manajemen di dalam kelas merupakan respon terhadap semakin meningkatnya tuntutan peningkatan kualitas pendidikan yang mulai dari ruang kelas. Maka dari itu manajemen kelas sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. berdasarkan latar belakang di atas, maka Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi manajemen kelas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2015/2016? Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana implementasi pengaturan siswa pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan tempeh Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana implementasi pengaturan fasilitas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kelas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy kecamatan tempeh kabupaten lumajang tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan khususnya adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pengaturan siswa pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan impelemtasi pengaturan fasilitas pada kelas VIII A dan VIII B di SMP Asy Syarifiy Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang tahun 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik pursosive sampling. Metode mengumpulkan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, Penyajian data, Verifikasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari metode yang digunakan di atas maka kesimpulan umum penelitian ini adalah mengenai implementasi manajemen kelas yang ada di SMP Asy Syarifiy sudah berjalan meskipun masih belum sesuai harapan. Sedangkan kesimpulan khususnya yaitu: 1) Pengaturan siswa di SMP Asy Syarifiy di dalam kelas khususnya kelas VIII A dan VIII B di atur oleh Guru kelas. Implementasinya dengan cara mendisiplinkan, membina tingkah laku, kreatif dalam membangun minat, gairah belajar siswa, dan juga mengaktifkan dinamika. 2) Di SMP Asy Syarifiy bawasannya implementasi pengaturan fasilitas yang ada di kelas VIII A san VIII B ventilasi masih belum memenuhi syarat kelas ideal.penataan ruang kelas di SMP Asy Syarifiy hanya ada papan tulis, bendera merah putih, meja kursi untuk guru dan siswa, daftar hadir, gambar-gambar presiden, dan pahlawan dalam rangka memupuk rasa nasionalisme siswa. Kecuali alemari berada di kantor agar siswa bisa leluasa bergerak bebas, pengaturan tempat duduknya dipisah antara laki-laki dan perempuan karena SMP Asy Syarifiy berada dalam naungan pesantren. Sedangkan Penetapan siswa yang di terapkan di SMP Asy Syarifiy yaitu dengan menepatkan siswa yang kecil di tempatkan di depan sedangkan yang tinggi/besar di tempatkan di belakang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:00
Last Modified: 11 Apr 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item