Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Bidang Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Prastiawan, M. Didik Agung (2015) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Bidang Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Didik Agung Prastiawan_084 113 014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci, Kepala Sekolah dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Sarana dan Prasarana. Lembaga pendidikan memerlukan sarana dan prasarana sekolah, karena sarana dan prasarana merupakan salah satu penentu dalam proses pelaksanaan pembelajaran sekolah, dengan begitu keberadaannya sangat penting dan memerlukan suatu penanganan yang sungguh-sungguh dan berkesinambungan sebab sarana memerlukan pemeliharaan. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun perencanaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun pengadaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun inventarisasi sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain 1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun perencanaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun pengadaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember. 3) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana peran kepala sekolah dalam menyusun inventarisasi sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang dihasilkan data deskriptif yang berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yakni teknik penilaian sampel yang berdasarkan pada ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang diperkirakan mempunyai sangkut paut erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat yang ada dalam populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan ialah penelitian dengan menjabarkan kerangka dasar Pendidikan. Kesimpulan Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan bidang sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Umbulsari Jember tahun pelajaran 2014/2015. Kepala sekolah sebagai manajer dalam menyusun perencanaan sarana dan prasarana dengan melibatkan semua warga sekolah untuk mengetahui fasilitas yang belum terpenuhi, lalu dicatat semuanya dan dipilah-pilah untuk dipilih yang penting untuk saat ini dan nantinya masuk daftar pengadaan barang. Kepala sekolah dalam menyusun pengadaan sarana dan prasarana dengan melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten atau kota dengan mengajukan semacam proposal dan melakukan koordinasi dengan komite sekolah. Kepala sekolah dalam menyusun inventarisasi dengan mencatat barang ke dalam buku induk inventarisasi agar semua barang terekam ke dalam buku induk, lalu membuat kode barang berupa angka untuk mempermudah pencarian barang dan mempermudah saat pelaporan barang inventaris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:00
Last Modified: 11 Apr 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item