Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim di RT.16 RW.06 Kelurahan Tamansari Bondowoso. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Jember 2014.

Abdullah, Mr (2015) Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim di RT.16 RW.06 Kelurahan Tamansari Bondowoso. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Jember 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Abdullah_084 093 002.pdf

Download (805kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Kelurahan Tamansari terletak di perkotaan Bondowoso dengan penduduknya yang memiliki tingkat perekonomian yang memadai dan memiliki tingkat pendidikan SLTA keatas membawa konsekuensi terhadap kehidupan socialmasyarakatnya, terutama dapat terlihat pada nilai-nilai social anak. Anak-anak mempunyai solidaritas yang tinggi dalam berteman, mereka belajar tentang kasih sayang, tanggung jawab, dan keserasian hidup kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua anak bisa berinteraksi secara mudah. Berdasarkan keadaan yang demikian mendorong penyusun untuk mengadakan penelitian yang terkait dengan pendidikan nilai-nilai sosial.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: nilai-nilai sosial apa saja yang ditanamkan bagi anak dalam keluarga Muslim, bagaimana pelaksanaan pendidikan nilai-nilai social bagi anak dalam keluarga Muslim, dan apa factor pendukung dan penghambat dalam pendidikan nilai-nilai sosial bagi anak dalam keluarga Muslim. Fokus penelitian ini mengkaji tentang Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam keluarga Muslim di RT.16 RW.06 Kelurahan Tamansari Bondowoso yang meliputi tiga pembahasan yaitu (1) Nilai-nilai apa saja yang ditanamkan pada anak dalam keluarga Muslim RT 16 Tamansari Bondowoso (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan nilai-nilai sosisal bagi anak dalam keluarga Muslim RT 16 Kelurahan Tamansari Bondowoso (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan nilai-nilai sosial bagi anak dalam keluarga Muslim RT 16 Kelurahan Tamansari Bondowoso Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendidikan nilainilai social bagi anak dalam keluarga Muslim di RT.16 RW.06 Kelurahan Tamansari Bondowoso. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai evaluasi atas pengembangan pendidikan dan mampumenghasilkan anak didik yang berkualitas serta memiliki kemampuan dalam menghadapi masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil objek penelitian yaitu Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai social yang ditanamkan pada anak dalam keluarga Muslim RT 16 Tamansari, Nilai kasih saying terdiridari; Pengabdian, tolongmenolong, kekeluargaan, dan kepedulian. Kedua, Nilai tanggung jawab berupa disiplin. Dan ketiga, Nilai keserasian hidup terdiri dari toleransi dan kerjasama. (2) Orang tua menanamkan pada diri anak tentang nilai-nilai social dengan cara membiasakan anak untuk mengabdi pada Allah, membantu orang tua, disiplin dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, toleransi terhadap oranglain, menjalin silaturrahim, peduli terhadap semua orang, dan gotongroyong untuk menjalin sifat kebersamaan. (3) factor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan nilai-nilai social yaitu pertama, factor pendukung; taman pendidikanAl-Qur’an, pendidikan formal, teman sepermainan, dan lingkungan positif. Dan kedua, factor penghambat; anak terlalu banyakwaktu bermain, kurang pengawasan, dan media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:03
Last Modified: 11 Apr 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item