Pelaksanaan Manajemen Hubungan Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah An-Nuqayah Kecamatan Jambisari Darussolah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015

Habibulloh, Mr (2015) Pelaksanaan Manajemen Hubungan Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah An-Nuqayah Kecamatan Jambisari Darussolah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Habibulloh_084 103 039.pdf

Download (555kB)

Abstract

Madrasah adalah salah satu organisasi pendidikan yang mempunyai suatu kekuatan untuk membantu dan mengantarkan peserta didik menuju cita-cita yang mereka harapkan. Madrasah yang baik adalah madrasah yang bisa mencetak siswa-siswa yang berprestasi tinggi dan dapat memanfaatkan guru-guru yang berkualitas baik serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar sehingga visi dan misi yang telah disusun bisa terealisasi dengan baik sesuai dengan yang mereka harapkan. Lembaga pendidikan (madrasah) merupakan suatu sistem yang terbuka. Sebagai sistem terbuka, madrasah pasti akan mengadakan hubungan dengan masyarakat di sekelilingnya. Madrasah yang maju pasti akan banyak mengadakan hubungan dengan lembaga-lembaga lain di luar madrasah, contohnya dalam hal beasiswa, PHBI, praktek ketenaga-kerjaan dan masih banyak lagi yang lain. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015?. Selanjutnya dibagi lagi menjadi sub fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015? dan (3) Bagaimana pengawasan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015 dan (3) Untuk pengawasan manajemen humas di MTs. An-Nuqayah Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil jenis deskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Interview dan c) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya Miles dan Huberman yaitu yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa (1) Perencanaan program kerja humas di Madrasah Tsanawiyah An-Nuqayah Bondowoso terdiri dari dua, yaitu program kerja rutin dan program kerja insidentil, (2) Secara kongkrit, pelaksanaan program humas di Madrasah Tsanawiyah An-Nuqayah Bondowoso dimulai dengan menyusun proposal kegiatan yang mencakup jenis kegiatan, waktu dan tanggal pelaksanaan sampai dengan anggaran yang dibutuhkan dan selanjutnya diajukan untuk mendapatkan persetujuan dari kepala madrasah, dan (3) Pengawasan dilakukan untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan tim dalam melaksanakan program-program kerja. Evaluasi juga dapat dilakukan dengan melihat laporan tertulis maupun laporan langsung dari bawahan kepada atasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:04
Last Modified: 11 Apr 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22234

Actions (login required)

View Item View Item