Implementasi manajemen pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jember II

Silviana, Ms (2015) Implementasi manajemen pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jember II. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Silviana_084 113 068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan pelaksana pendidikan merupakan kunci keberhasilan pendidikan. sebab walau sumber pendidikan lengkap, tetapi pelaksanaan pendidikan tidak berkompetensi dan tidak berdedikasi belum tentu tujuan pendidikan akan tercapai. Maka melihat pentingnya tenaga pendidik yang berkompetensi dan profesional, perlu sekiranya di dalam manajemen tenaga kependidikan harus di pastikan bahwa fungsi tenaga pendidik sudah berjalan sebagaimana mestinya, Sehingga akan menentukan keberhasilan suatu tujuan pendidikan yang akan berdampak terhadap proses kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efsien. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi rekrutmen dan seleksi Pendidik di MTsN Jember II?. 2) Bagaimana implementasi pelatihan dan pengembangan Pendidik di MTsN Jember II?. 3) Bagaimana pemberian kompensasi Pendidik di MTsN Jember II?. 4) Bagaimana Penilaian kinerja Pendidik di MTsN Jember II? Tujuan penelitian ini adalah1) Untuk mendeskripsikan implementasi rekrutmen dan seleksi Pendidik di MTsN Jember II. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pelatihan dan pengembangan Pendidik di MTsN Jember II. 3) Untuk mendeskripsikan pemberian kompensasi Pendidik di MTsN Jember II. 4) Untuk mendeskripsikan Penilaian kinerja Pendidik di MTsN Jember II. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, metode analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, 1) perekrutan tenaga pendidik di MTsN Jember II mengikuti manajemen pusat, dalam hal ini yang dimaksud adalah Kemenag Republik Indonesia. Sekolah mempercayai pusat melakukan proses penyeleksian sampai penentuan kelayakan mengajar, karena madrasah merupakan bagian dari kementrian Agama, 2) Pelatihan di MTsN Jember II diadakan 6 bulan sekali dengan materi yang dapat memperluas pengetahuan, pengembagan IT, diskusi pembelajaran, work shop, liburan serta di isi dengan permainan-permainan yang menimbulkan semangat & rasa kekeluargaan, 3) Pemberian kompensasi diberikan rutin setiap bulannya berdasarkan dana APBN bagi guru PNS, yaitu meliputi gaji dan tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan kesehatan, tunjangan perumahan, tunjangan pendidikan dan sertifikasi guru, Semua itu di berikan rutin kepada guru PNS yang bersumber dari dana APBN, dan untuk Guru Tidak Tetap atau Guru Honorer, kompensasi diberikan sesuai Pekerjaan yang diembannya, sementara gaji yang diperoleh GTT atau Guru Honorer , bersumber dari dana BOS dan diberikan rutin kepada guru honorer atau GTT. 4) Penilaian kinerja pendidik di MTsN Jember II dinilai langsung oleh kepala sekolah secara formatif (evaluasi yang dilakukan setiap kali selesai satu unit pembelajaran) dan sumatif (evaluasi yang dilakukan setiap ahir ahir tahun pengajaran) yang dilakukan dengan menilai ketepatan penyusunan RPP, SILABUS, PROMES, PROTA dan keterampilan mengaplikasikan pada KBM yaitu Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:04
Last Modified: 11 Apr 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item