Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pengembangan Standar Isi PAI di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Musdalifah, Ms (2015) Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pengembangan Standar Isi PAI di SMPN 7 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musdalifah_084103009.pdf

Download (758kB)

Abstract

Manajemen memiliki peran penting dalam kemajuan organisasi. Manajemen merupakan sebuah pengelolaan usaha, kepengurusan, ketatalaksanaan, penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya alam secara efektif untuk mencapai sasaran organisasi yang diinginkan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. Kurikulum memilki peran penting karena kurikulum sebagai rancangan segala kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Dari uraian diatas tersebut, fokus penelitian ini sebagai berikut: Masalah umum adalah bagaimana manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015? ?Sedangkan masalah khusus adalah a). Bagaimana manajemen kurikulum dalam perencanaan peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015? b). Bagaimana manajemen kurikulum dalam pengorganisasian peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015? c). Bagaimana manajemen kurikulum dalam pelaksanaan peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015? d). Bagaimana manajemen kurikulum dalam evaluasi peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, metode dokumenter. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Kemudian diuji dengan validitas data triangulasi. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan dari hasil penelitian sebagai berikut : manajemen kurikulum di lembaga pendidikan dalam program peningkatan mutu pengembangan standar isi PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yaitu merencanakan program-program sekolah menyesuaikan dengan visi, misi sekolah dan melaksanakan fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan/ evaluasi. Penempatan pekerjaan sesuai dengan bidang atau kemampuannya dan pengembangan kurikulum yang diterapkan di SMPN 7 adalah kurikulum 2013 berpedoman pada aturan SISDIKNAS No. 20 tahun 2003.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:04
Last Modified: 11 Apr 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item