Partisipasi Organisasi Remaja IRAM (Ikatan Remaja Al-Munawwarah)dalam pembinaan akhlak remaja di dusun Cangkring Baru, desa Cangkring, kecamatan Jenggawah kabupaten Jember.

Sofiana, Novela Risqi (2015) Partisipasi Organisasi Remaja IRAM (Ikatan Remaja Al-Munawwarah)dalam pembinaan akhlak remaja di dusun Cangkring Baru, desa Cangkring, kecamatan Jenggawah kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novela Risqi Sofiana_084113046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembinaan akhlak adalah usaha yang dilakukan dengan tujuan menyempurnakan tingkah laku seorang remaja. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan pembinaan akhlak remaja terfokus pada remaja di Dusun Cangkring Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa yang melatar belakangi Organisasi Remaja IRAM (Ikatan Remaja Al-Munawwarah) mengadakan pembinaan akhlak remaja di Dusun Cangkring Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember . 2) Kegiatan apa saja yang dilakukan Organisasi Remaja IRAM (Ikatan Remaja Al-Munawwarah) dalam pembinaan akhlak remaja di Dusun Cangkring Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 3) Apa yang menjadi penghambat dan pendukung Organisasi Remaja IRAM (Ikatan Pemuda Al-Munawwarah)dalam pelaksanaan pembinaan akhlak remaja di Dusun Cangkring Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan partisipasi organisasi IRAM dalam pembinaan akhlak remaja di Dusun Cangkring Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dan analisis data penelitian, dihasilkan deskripsi tentang data yang diperoleh dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) yang melatarbelakangi Organisasi IRAM (Ikatan Pemuda Al-Munawwarah) di dusun Cangkring Baru, desa Cangkring, kecamatan Jenggawah kabupaten Jember mengadakan pembinaan akhlak yaitu adanya kerusakan akhlak remaja, dan menjadikan remaja didusun Cangkring Baru menjadi insan kamil. 2) kegiatan yang dilakukan organisasi IRAM dalam pembinaan akhlak diantaranya, kegiatan pembacaan Al-qur’an, mengkaji kitab, dzikir bersama, istighosah, bersholawat, yasinan, tadabur alam, bakti sosial, santunan anak yatim dan PHBI. 3) Faktor pendukung dan dalam organisasi IRAM yaitu adanya dukungan sepenuhnya dari masyarakat sekitar masjid Al-Munawwarah, dan tersedianya dana untuk mengadakan kegiatan dan acara di organisasi IRAM. Sedangkan faaktor penghambatnya yaitu Kesibukan sebagian pengurus IRAM yang masih disibukan dengan belajar, kuliah, bekerja dan lain sebagainya, Semangat anggota mulai menyusut dan aktivitas di IRAM bukan menjadi kegiatan primer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:04
Last Modified: 11 Apr 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22245

Actions (login required)

View Item View Item