Azizah, Nur (2015) Peran kepala sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Azizah_084113075.pdf Download (1MB) |
Abstract
Seorang leader (pemimpin) menjadi tolak ukur maju mundurnya sebuah organisasi. Kepemimpinan (kepala sekolah) memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan sekolah yang dipimpin melalui manajemen organisasi yang baik. Pemimpin yang baik didalam hidupnya selalu mengadakan hubungan dengan tuhan untuk memohon kebijaksanaanya, rasa kasih, dan kesabaran dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Fokus penelitian ini yaitu: Bagaimana Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?.Sub fokus penelitian meliputi: (1)Bagaimana Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? (2)Bagaimana Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? (3)Bagaimana Peran kepala sekolah dalam mengevaluasi kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? Tujuan umum penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Adapun tujuan khusus penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember; (2)mendeskripsikan Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? (3) Mendeskripsikan Peran kepala sekolah dalam mengevaluasi kenerja guru di SMP PGRI Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Serta keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Peran kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor dilakukan dengan cara: Kepala sekolah melibatkan dewan Guru mulai dari pengelolaan, pengadaan administrasi kurikulum, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, sarana prasarana sesuai dengan pendelegasiannya, melakukan kunjungan kelas, pelatihan dan pembinaan, mensupervisi guru, penilaian tugas administrasi guru, memberikan saran.; (2)Melakukan Observasi kelas, kunjungan kelas, pelatihan dan pembinaan. maksudnya disni dengan cara tersusun, kepala sekolah memberi tahu kepada dewan Guru SMP PGRI Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember bahwasannya pengawasan dilakukan dengan cara terjadwal dan ditentukan setiap kelasnya. supervisi pada saat guru melakukan pembelajaran, mengadakan penilaian terhadap tugas dan administrasi guru, serta memberikan saran.; (3) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan evaluasi penilaian kenerja guru antara lain: melakukan pengamatan secara langsung, menilai administrasi yang dimiliki guru, penilaian evaluasi kinerja guru, mengoptimalkan, mengembangkan wawasan guru, mengikutsertakan guru dalam pelatihan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 21:15 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 21:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22246 |
Actions (login required)
View Item |