Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa kategori A Taman Pendidikan Asuhan Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Fardalia, Riski (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa kategori A Taman Pendidikan Asuhan Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riski Fardalia_084 113 066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu interaksi antara pendidik dengan peserta didik serta kurikulum merupakan syarat mutlak, yang tak terpisahkan dari pendidikan atau pengajaran. Pada dasarnya setiap makhluk memerlukan pendidikan begitu juga anak tunanetra, dan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak tunanetra dibutuhkannya guru yang profesional dalam hal ini pendidik juga memiliki kelemahan pada penglihatnnya berupa kebutaan secara menyeluruh. Dari latar belakang tersebut yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu. (1). Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLBA TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. (2). Bagaimana pengorganisasian pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. (3). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. (4). Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016?. Tujuan penelitian ini yaitu. (1). Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (2). Untuk mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (3). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (4). Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI bagi anak Tunanetra di SMPLB-A TPA Bintoro Jember Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling, untuk memperoleh data yang dibutuhkan antara lain: metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif deskriptif yang meliputi: Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu. (1).Perencanaan pembelajaran PAI bagi anak tunanetra yang meliputi perangkat pembelajaran di program serta disusun oleh guru masing-masing bidang study. (2). Pengorganisasian pembelajaran PAI bagi anak tunanetra dengan layanan individual, proses belajar anak tunanetra menggunakan taktil dan alat yang digunakan terdapat al-Qur’an Braille, buku dalam bentuk CD buku dan riglet. (3). Pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak tunanetra dari membuka dengan memberikan apersepsi,berdo’a, penyampaian materi disesuaikan dengan kondisi di kelas yang menyenangkan, metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, strategi pembelajaran pendekatan individual dengan memberikan latihan-latihan orientasi mobilitas (4). Evaluasi pembelajaran PAI dilakukan dengan evaluasi proses berupa pertanyaan lisan, tulisan dan ulangan harian evaluasi sumatif dilakukan pada ujian tengah semester dan formatif dilakukan pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:28
Last Modified: 11 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item