Konsep pendidikan Islam progresif dalam perspektif Abdurrahman Wahid Skripsi IAIN Jember, Prodi manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah.

Marwa, Siti Umi (2015) Konsep pendidikan Islam progresif dalam perspektif Abdurrahman Wahid Skripsi IAIN Jember, Prodi manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Umi Marwa_084 103 103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada perkembangannya saat ini, pendidikan Islam di Indonesia tidak terlepas dari ”permasalahan-permasalahan” yang ada, pertama: simbolisme agama, artinyapendidikan Islam hanya menekankan tentang pentingnya formalitas nyata dan mengenyampingkan semangat-semangat substansi ajaran Islam, Kedua : pendidikan Islam di Indonesia diwarnai otentifikasi Islam; artinya pendidikan Islam harus sesuai dengan pendidikan Islam zaman nabi, sedangkan unsur-unsur lain yang menampung di mana pendidikan Islam itu berada, dianggap sebagai hal yang merusak dan bahkan lebih ekstrem lagi dianggap sebagai bid’ah.Ketiga: Arus globalisasi. Abdurrahman Wahid mencoba tidak hanya menggunakan hasil pemikiran Islam tradisionalserta pemikiran kesarjanaan Barat dalam kerangka pembuatan suatu sintesis untuk melahirkan gagasan baru sebagai upaya menjawab perubahan-perubahan aktual, berhasrat maju atau progresif, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul : “Konsep Pendidikan Islam Progresif perspektif pemikiran Abdurrahman Wahid” Adapun fokus kajian adalah 1). Bagaimana konsep progresif perspektif pemikiran Abdurrahman Wahid? Tujuan penelitian ini adalah 1). Ingin tahu konsep progresif perspektif pemikiran Abdurrahman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalahlibrary research (penelitian kepustakaan). Metode pengumpulan data yangdigunakan adalah studi kepustakaan dengan mengkaji serta menganalisi karya-karya Abdurrahman Wahid yang meliputi sumber data primer dan sekunder untukkemudian disimpulkan serta Implikasinya terhadap pendidikan Islam. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa isi. Hasil penelitian ini adalah konsep progresif menurut Abdurrahman Wahid ialah tidak terlepas dari sosok perjuangannya yang tangguh dan ulet baik sebagai pejuang demokrasi, pejuang pluralitas, pejuang humanisme, dan pejuang nasionalisme.konsep pendidikan Islam progresif Abdurrahman Wahid ialah inklusif, humanis, demokrasi, kontektualisasi, progresif. Dan reorientasi paradigma konsep pendidikan Islam progresif Abdrrahman Wahid ialah Pendekatan Historis, Pendekatan Sosiologis, Pendekatan Kultural, Pendekatan Psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:28
Last Modified: 11 Apr 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item