Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2014/2015

Mahmuda, Sofinatul (2015) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofinatul Mahmuda_084 113 081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Dan kemajuan suatu bangsa sangat hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Untuk mencapai itu, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman. Dalam observasi awal, diperoleh kenyataan bahwa siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu memiliki prestasi belajar yang baik dengan hasil nilai ujian yang diatas rata-rata dan banyaknya prestasi-prestasi yang diperoleh oleh lembaga baik secara individual atau kelompok. Hal yang terpenting untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional adalah pemberdayaan kepala madrasah. Karena kepala madrasah berhubungan langsung dengan program pendidikan di madrasah. Berpijak dari latar belakang itulah diadakan penelitian yang fokus kepada: 1) bagaimana peran kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015? 2) bagaimana peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015? 3) bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015? 4) bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015.2) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015.3) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015.4) mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Análisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan bagian ahir penguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambu tahun pelajaran 2014/2015 menerapkan peran sebagai manager, administrator, supervisor, dan leader.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 21:15
Last Modified: 11 Apr 2023 21:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item View Item