Upaya Profesionalisme Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Yang Efektif di MTs AlMajidi Tanggul

Hasanah, Uswatun (2015) Upaya Profesionalisme Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Yang Efektif di MTs AlMajidi Tanggul. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah_084 113 021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan sekolah sebagai lembaga pendidikan tempat generasi muda bangsa ngangsu kaweruh (belajar) adalah suatu keharusan yang tidak bisa ditunda-tunda. Zaman yang semakin hari semakin menghawatirkan menuntut sekolah untuk sigap menghadapi situasi apapun, tidak boleh minder ataupun kehilangan kepercaaan dan keyakinan diri, serta harus selalu proaktif melakukan perubahan untuk adaptasi, akomodasi, dan kolaborasi dengan pihak lain dalam satu visi dan misi kedepan. Namun untuk melakukan program besar ini ternyata tidak mudah. Dan, orang yang paling berpengaruh terhadap program besar ini adalah kepala sekolah yang harus memiliki jiwa profesional sebagai penanggung jawab utama eksistensi dan dinamika sekolah. Kepala sekolahlah yang akan menggerakkan mesin sekolah, termasuk mau diarahkan ke mana sekolah itu untuk menjadi ukuran sekolah yang efektif. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian terhadap fokus permasalahan yang ada di MTs Al Majidi yaitu Bagaimana upaya profesionalisme kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah yang efektif di MTs Al-Majidi Tanggul? Bagaimana upaya profesionalisme kepala sekolah sebagai leader dalam mengembangkan sekolah yang efektif di MTs Al-Majidi Tanggul? Bagaimana upaya profesionalisme kepala sekolah sebagai manajer dalam mengembangkan sekolah yang efektif di MTs Al-Majidi Tanggul?Bagaimana upaya profesionalisme kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan sekolah yang efektif di MTs Al-Majidi Tanggul? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsif dan untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain : Metode Observasi, Interview atau wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan verivikasi. Dan untuk mengukur validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Upaya Profesionalisme Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Yang Efektif di MTs Al-Majidi Tanggul tergambar dari wujud aktifnya peserta didik dalam melakukan proses belajar yang maksimal di MTs Al Majidi serta wujud dukungan penuh dari para guru dan staf terhadap kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolahnya, meskipun tergolong fasilitas sarana dan prasarana yang masih berada di level terbatas akan tetapi berkat adanya kepala sekolah yang tidak mudah putus asa dan selalu maju dengan tekad kuat dan melihat potensi dan dorongan masyarakat maka seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dunia sekolahpun tak luput dari perubahan hingga menjadi sekolah yang efektif yang mampu menunjukkan prestasi yang baik di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 Apr 2023 21:15
Last Modified: 11 Apr 2023 21:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item