IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-MUSLIHUN WIROLEGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Afanda, Moh Badi (2022) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-MUSLIHUN WIROLEGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOH. BADI AFANDA-T20161101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran memiliki makna bahwa subjek belajar harus dibelajarkan bukan diajarkan. Dalam sebuah proses belajar mengajar pendidik diharuskan bisa merangsang dan mengarahkan peserta didik agar dapat mendorong peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik, salah satunya yaitu dengan menggunakan sebuah metode demonstrasi. Dengan demikian peserta didik tidak hanya mendengarkan saja melainkan ikut terlibat aktif dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.
Adapun fokus penelitian dalam hal ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan metode demontrasi pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Wirolegi Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana pelaksanaan metode demontrasi pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Wirolegi Tahun Pelajaran 2021/2022? (3) Bagaimana evaluasi metode demontrasi pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Muslihun Wirolegi Tahun Pelajaran 2021/2022?
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis secara interaktif sesuai dengan langkah-langkah dari Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaannya yaitu melakukan identifikasi terhadap peserta didik, guru dan fasilitas sekolah. Mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), Silabus, alokasi waktu yang akan diberikan, media pembelajaran (buku, materi, gayung, kain kafan dan boneka). (2) Pelaksanaannya yaitu guru mengucapkan salam saat ingin memasuki kelas, menyapa dan mengabsen peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Selanjutnya membuka buku sesuai materi yang akan dipelajari, guru mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, menjelaskan dan memperagakan sesuai dengan pokok-pokok penting materi yang telah dicatat sebelumnya, memberikan hiburan untuk memecah rasa ketegangan pada peserta didik, memberi kesempatan untuk bertanya, peserta didik di minta untuk menjelaskan ulang materi sudah dibahas. Terakhir guru menutup proses pembelajaran dengan bacaan hamdalah bersama-sama dan meninggalkan kelas dengan mengucapkan salam. (3) Evaluasinya dilakukan secara langsung yaitu non test dan test. Hal tersebut dapat dilhat dari evaluasi dengan memerintahkan peserta didik untuk menjelaskan ulang materi yang baru dibahas oleh gurunya dan evaluasi dengan memberikan beberapa soal tertulis sebagaimana ujian tengah semester dan ujian semester ganjil dan genap.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Badi Afanda
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:00
Last Modified: 12 Apr 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22269

Actions (login required)

View Item View Item