Pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Yizil Ulal Yaqini, Najmiyah (2023) Pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAJMIYAH YIZIL ULAL YAQINI-D20182033.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Najmiyah Yizil Ulal Yaqini, 2023: Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga, DP3AKB, Ekonomi Keluarga

PEKKA ialah perempuan yang memiliki tanggung jawab dalam rumah tangga khususnya dalam memenuhi kebutuhan finansial keluarganya. Hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah karena faktanya banyak PEKKA yang berasal dari level ekonomi serta latar belakang pendidikannya rendah. Pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh DP3AKB melalui program pemberdayaan PEKKA dilakukan untuk mencetak perempuan yang berpotensi dan memiliki semangat tinggi sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat menjadi modal dasar untuk meningkatkan ekonomi keluarga.
Fokus masa1ah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 3)Apa saja dampak pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pemberdayaan PEKKA dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB 2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan PEKKA dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB 3)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak pemberdayaan PEKKA dalam meningkatkan ekonomi keluarga oleh DP3AKB di Desa Menampu Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif(deskriptif) dan subyek penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, penggalian data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik dengan menggunakan model Sugiyono.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)Proses pemberdayaan PEKKA yaitu dengan melakukan pembinaan dan pelatihan. 2)Faktor pendukung internal yaitu adanya kemauan PEKKA untuk berpartisi, faktor pendukung eksternal ialah bentuk support pemerintah desa yang berkolaborasi dengan kantor DP3AKB,faktor penghambat internal ialah kesibukan PEKKA dalm mengurus rumah tangga,faktor penghambat eksternal ialah kurangnya dana sehingga alat-alat yang dibutuhkan tidak terpenuhi. 3)Dampak positifnya yaitu memberikan wawasan tinggi, meningkatkan kemampuan diri dalam mengembangkan potensinya,untuk dampak negatifnya ialah terjadinya kecemburuan sosial antara PEKKA yang tidak produktif dan yang masih produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Najmiyah Yizil Ulal Yaqini
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:58
Last Modified: 12 Apr 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item