INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO

Zahirah, Dianita (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO. Masters thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dianita Muna Zahirah_0849319044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Karakter Religius, Kepramukaan
Lembaga pendidikan mengemban amanah untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu bertahan dan membentuk karakter sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku secara lokal, nasional, dan global atau humanisasi. Salah satu bentuk kegiatan yang mengacu pada pembentukan karakter siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. ini karena pembentukan karakter lebih berkaitan dengan optimalisasi fungsi otak kanan Penelitian ini mengangkat kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dinilai dapat membentuk karakter siswa, sehingga dapat menjadikan kaum muda indonesia menjadi manusia yang berwatak, berakhlak mulia, dan memiliki kepribadian yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Transformasi nilai karakter religius melalui ekstrakurikuler kepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, transaksi nilai karakter religius melalui ekstrakurikuler kepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, dan Trans-Internalisasi nilai karakter religius melalui ekstrakurikuler kepramukaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. yang berfokus pada bagaimana Transformasi nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan? bagaimana Transaksi nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan? dan bagaimana Trans-internalisasi nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan?
Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui ekstrakurikuler kepramukaan di MAN Bondowoso meliputi transformasi nilai karakter religius yakni kegiatan kajian mingguan yang diisi oleh pemateri atau pembina. Transaksi nilai-nilai karakter religius yakni kegiatan diskusi yang dilakukan antara pembina dan anggota pramuka yang mana pembina juga memberikan contoh dengan mempraktekkan langsung materi yang disampaikan. Dan Trans-Internalisasi nilai-nilai karakter religius yang mana terjadi disaat kegiatan rutin berlangsung, seperti membaca doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan, mengaucapkan salam dan bersalaman ketika berpapasan dengan guru ataupun teman, dan pelaksaan kegiatan keagamaan seperti tahlil, yasinan dan istighotsah di setiap mingguanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Dianita Muna Zahirah
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:34
Last Modified: 13 Apr 2023 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22276

Actions (login required)

View Item View Item