Metode Pemahaman Hadis Mahmud Abu Rayyah

Siti, Qurrotul Metode Pemahaman Hadis Mahmud Abu Rayyah. Akademia Pustaka.

[img] Text
Metode Pemahaman Hadis Mahmud Abu Rayyah (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada metode pemahaman hadis Mahmud Abū Rayyah. Melihat banyaknya hadis yang memiliki matan yang tidak mencerminkan kepribadian dan bahasa Nabi SAW., yang cerdas, jujur dan penuh hikmah, Abū Rayyah tertarik untuk mengkaji hadis, dengan tujuan membela Nabi SAW., dengan membersihkan hadis-hadis Nabi dari pemalsuan dan kebohongan. Abū Rayyah mencurahkan pemikirannya tentang hadis dalam kitab Aḍwā’ ‘Alā al-Sunnah al-Muḥammadiyyah, sehingga kitab tersebut cukup mewakili ide-ide pemahamannya tentang hadis. Namun, keinginan Abū Rayyah untuk membela Nabi SAW., justru menjadi bumerang bagi dirinya, dengan pemikirannya tersebut Abū Rayyah diklaim sebagai seorang inkār al-sunnah.
Adapun tolok ukur yang digunakan Abū Rayyah dalam metode pemahaman hadisnya yaitu: (1) pengujian dengan ayat-ayat al-Qur’an; (2) pengujian dengan sunnah Nabi SAW; (3) pengujian dengan rasio atau ilmu pengetahuan/penemuan ilmiah; (4) pengujian dengan fakta historis.
Buku ini membahas tentang Metode Pemahaman Hadis, Biografi Mahmud Abu Rayyah, Pemahaman dan Kritik Mahmud Abu Rayyah Terhadap Hadis, Metodelogi Pemahaman Hadis Mahmud Abu Rayyah

Item Type: Book
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Siti Qurrotul Aini
Date Deposited: 12 Apr 2023 00:49
Last Modified: 12 Apr 2023 00:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item