Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember

Pratiwi, Elvira Rosa (2015) Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elvira Rosa Pratiwi_084 103 055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan konseling merupakan suatu proses membantu siswa dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Siswa membutuhkan bantuan untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan dalam berinteraksi dengan sesame siswa, dewan guru, staf sekolah maupun masyarakat disekitarnya. Pelayanan bimbingan di sekolah sangat membantu untuk menemukan pribadi dan mengenal lingkungan. Dengan begitu mereka tidak akan melakukan penyimpanganpenyimpangan yang terjadi disekitar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember. Sub fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat moral di MTs Umbulsari Kabupaten Jember? 2) bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat kriminologi di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember. Serta yang menjadi tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat moral di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat kriminologi di MTs Negeri Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan documenter. Analisis data menggunakan analisa deskriptif kualitatif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat moral sudah dilakukan dengan cara memberikan sanksi peringatan pada setiap siswa yang melanggar tata tertib madrasah, dan guru bimbingan konseling member bimbingan secara individu serta kelompok. Kedua, Dalam mengatasi kenakalan siswa yang bersifat kriminologi (meliputi kenakalan yang melanggar hokum mencuri, berkelahi, dan membawa hp yang berisikan video porno) dilakukan dengan memberikan bimbingan individu, dan memanggil orang tua siswa, dan apabila siswa tersebut mengulangi perbuatan tersebut maka akan diberikan layanan reveral untuk dikembalikan pada orangtuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:37
Last Modified: 12 Apr 2023 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item View Item