Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015

Sujjada, Ichlashul Arifin (2015) Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ichlashul Arifin Sujjada_084 103 095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai elemen penting dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan kompetensi keguruan. Terlebih dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dalam era globalisasi ini. Karena guru adalah orang yang memiliki tugas serta tanggung jawab dalam proses pembelajaran, maka banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yang dalam istilah Moh. Uzer Usman disebut dengan kompetensi profesionalisme guru Berdasarkan gambaran persoalan tersebut maka dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada dua kajian, yaitu fokus penelitian dan sub fokus penelitian. Fokus penelitian beriri tentang: bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Sedangkan Sub fokus penelitian berisi tiga point yaitu : 1) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015? 2) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015? 3) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini ada dua, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015, sedangkan tujuan khusus adalah 1) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015, 2) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015, 3) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga langkah (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan (3) verifikasi (clonclution drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam penelitian ini memperoleh dua kesimpulan, yaitu kesimpulan umum dan khusus. Kesimpulan umum yaitu: profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 dapat dikatakan baik. Karena dari pihak kepala sekolah, tenaga pendidik dan waka kurikulum mempunyai tugas dan peran masing-masing dalam menigkatkan hasil belajar siswa, dari adanya indikator-indikator yang menjadi acuan dalam melaksanakannya. Sedangkan kesimpulan khusus berisi : a) aspek kognitif ditunjukkan dengan Guru mata pelajaran Fiqih di MTsN Jombang Kec. Kauman Kab. Kediri memiliki kapasitas mengajar yang baik dalam hal ini profesional akan menciptakan pembelajaran yang efektif yang ditandai dengan hasil belajar yang baik, hal ini diindikasikan dari pemahaman guru tentang wawasan / landasan kependidikan, pemahaman guru terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum / silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan tekhnologi pembelajaran, evaluasi Hasil Belajar (EHB), pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, b) Aspek afektif dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa ada relevansi antara teori yang dikemukakan Bloom dengan temuan penelitian, sehingga dapat dikatakan bahwa guru fiqih sudah mampu menunjukkan profesionalisme dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa dan c) Aspek psikomotorik dapat dilihat dari guru fiqih telah menunjukkan profesionalismenya dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa, misalnya guru mampu memberikan contoh dalam melaksanakan sholat, memberikan hafalan materi ayatayat Al-Qur’an dan hadits, guru mampu mengajarkan Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:36
Last Modified: 12 Apr 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item