Penerapan Metode Drill Dan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Desa Cempakaan Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Wijaya, Arin Levi (2018) Penerapan Metode Drill Dan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Desa Cempakaan Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arin Levi Wijaya_084 144 005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan setiap siswa memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda terhadap pemahaman materi. Salah satunya kesulitan untuk mengingat materi khususnya yang berupa ayat-ayat atau sebuah hadits. Oleh karena itu, penggunaan metode yang sesuai dan bervariasi akan mengurangi kesulitan siswa untuk mengingat sebuah materi. Penerapan metode drill dan metode resitasi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran dan membantu siswa dalam belajar agar lebih baik dari sebelumnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, bagaimana perencanaan metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, serta bagaiamana pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan metode drill dan resitasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Desa Cempakaan Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, mendeskripsikan pelaksanaan metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits serta mendeskripsikan evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran AlQur’an Hadits. Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang ada di lapangan dan berusaha untuk mendeskripsikan. Dalam hal ini yaitu penerapan metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada lembaga tertentu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan fokus yaitu sebagai berikut. (a) Perencanaan metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, sebelum kegiatan mengajar di kelas guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan terarah dan sistematis, sehingga dapat mencapai tujuan yang akan dicapai. (b) Pelaksanaan metode drill dan metode Resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas guru dapat menyesuaikan metode yang digunakan dengan materi yang akan disampaikan serta menyesuaikan dengan siswanya. Sehingga guru dapat mengetahui kebutuhan yang siswa perlukan dengan cara memberikan latihan-latihan dan tugas. hal ini bertujuan untuk menajamkan ingatan siswa yang dianggap lemah dalam memahami materi seperti ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits. (c) Evaluasi metode drill dan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist, kegiatan evaluasi ini untuk mengukur pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. evaluasi yang dilakukan menggunakaan tes lisan dan tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:35
Last Modified: 12 Apr 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item