Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sa'adah, Irhamnis (2018) Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irhamnis Sa’adah_084 144 034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Berkenaan dengan pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru terhadap minat belajar siswa, maka diperlukan guru yang kompeten dalam mengajar dan menggunakan keterampilan dalam mengajar. Di MIN 03 Jember guru melaksanakan keterampilan dalam mengajar sehingga siswa tidak merasa bosan dan menumbuhkan minat belajar siswa. Keterampilan yang sangat menonjol digunakan di MIN 03 Jember adalah keterampilan menjelasakan, keterampilan mengembangkan variasi, dan keterampilan mengelola kelas. Dikarenakan ketiga keterampilan tersebut sangat penting untuk mengajar. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana keterampilan menjelaskan guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) bagaimana keterampilan mengembangkan variasi guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) bagaimana keterampilan mengelola kelas guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterampilan menjelaskan guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) mendeskripsikan keterampilan mengembangkan variasi guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) mendeskripsikan keterampilan mengelola kelas guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember tahun pelajaran 2018/2019 Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles&Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) guru memperhatikan penerima pesan yaitu siswa, mengulang materi yang sulit, adanya penekanan pada materi yang sulit. 2) berpindah posisi untuk berkeliling kelas, menggunakan media untuk menumbuhkan minat belajar siswa berupa papan.3) pertama mengelola peserta didik dengan cara berkelompok, menjaga kebersihan dan keindahan kelas, kebersihan menerapkan piket sedangkan keindahan menata buku di atas meja dengan rapih serta laci meja belajar tanpa adanya sampah. Yang kedua adalah membentuk organisasi kelas dengan membentuk struktur organisasi kelas dan membentuk kesepakatan atau janji siswa berupa kesepakatan kelas serta sanksi jika melanggar janji tersebut. Kata kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Miinat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:35
Last Modified: 12 Apr 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

View Item View Item