Implementasi Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Faiqoh, Nafisatul (2018) Implementasi Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nafisatul Faiqoh_084 144 074.pdf

Download (9MB)

Abstract

Karakteristik seorang anak sangat beragam tergantung dengan jenis kecerdasan yang dimilikinya, berbagai potensi terpendam tersebut merupakan salah satu keistimewaan manusia sejak awal penciptaannya diantara seluruh ciptaan Allah SWT, manusia memiliki kedudukan yang paling tinggi untuk mendapatkan ilmu. Setiap anak itu unik dan cerdas dibidang tertentu dan apabila kita hanya menilai dengan IQ saja maka tidak adil, karena kecerdasan tidak dapat diukur dengan cara mengerjakan test – test saja, akan tetapi kecerdasan mempunyai arti yang sangat luas. Fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi kecerdasan linguistik, logis – matematis, spasial – visual, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis? (2) Bagaimana implementasi kecerdasan spiritual pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan implementasi kecerdasan linguistik, logis – matematis, spasial – visual, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. (2) Mendeskripsikan implementasi kecerdasan spiritual pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus, subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Implementasi kecerdasan linguistik pada pembelajaran tematik di kelas V sudah dilaksanakan melalui aktivitas peserta didik ketika bercerita, membaca nyaring dan mencari kosakata. (2) Implementasi kecerdasan logis – matematis dilaksanakan melalui pengamatan. (3) Kecerdasan spasial – visual melalui menggambar imajinatif dan menyusun puzzle. (4) Kecerdasan kinestetik melakukan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor serta melipat, menggunting serta menyambung dalam membuat kupu – kupu origami. (5) Kecerdasan musikal melalui aktivitas bernyanyi. (6) Kecerdasan interpersonal melalui kerja kelompok serta bermain peran. (7) Kecerdasan intrapersonal melalui mengenal tokoh. (8) Kecerdasan naturalis melalui eksperimen bel listrik. (9) Kecerdasan spiritual melalui pembiasaan teguh akidah yang terwujud dalam kehidupan sehari – hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:35
Last Modified: 12 Apr 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item