Implementasi Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas III di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Nurlaili, Septa Putri (2017) Implementasi Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas III di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 03 Nurul Huda Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Septa Putri Nurlaili_084134025.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama merupakan sekolah dasar berbasis Islam. Namun, hal ini tidak membuat pendidik berhenti untuk menggunakan berbagai macam metode pembelajaran sehingga dengan adanya metode pembelajaran yang bervariatif, peserta didik akan lebih semangat serta aktif dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah Bagaimana perencanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, bagaimana pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, dan bagaimana evaluasi metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, mendeskripsikan pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, dan mendeskripsikan evaluasi metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah : 1) Perencanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas guru perlu mempersiapkan perencanaan pembelajaran yaitu a) memahami dan menguasai silabus, b) menyusun prota, c) menyusun promes d) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas perlu adanya hubungan yang baik antara guru dan siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Tugas yang diberikan guru dapat dikerjakan secara individu maupun secara berkelompok dan tugas-tugas dapat dikerjakan di rumah, perpustakaan, dan lingkungan sekolah. Ada tiga langkah dalam metode ini yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan pertanggungjawaban atau penutup, 3) Evaluasi metode resitasi pada mata pelajaran Fikih kelas III di SD NU 03 Nurul Huda, evaluasi untuk mengukur keberhasilan implementasi metode resitasi yang dilakukan guru pada mata pelajaran Fikih yaitu a) Penilaian sikap atau pengamatan, b) Lisan, c) Tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:35
Last Modified: 12 Apr 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22294

Actions (login required)

View Item View Item